Translate

tema 1

tema 1
tema

Minggu, 18 November 2012

ISLAM AJARAN ROSULULLAH SAW PILIHANKU REVISI 07-JAN-2018




ISLAM AJARAN ROSULULLAH SAW PILIHANKU
 REVISI 22 NOVEMBER 2020

Mas Bro.. kenape GUE PILIH ISLAM AJARAN ROSULULLAH saw …???
Walaupun sesungguhnya Allah telah memberikan ATURAN DAN JALAN YANG TERANG bagi setiap umatnya..  Semua agama berasal dari Allah apapun nama Agamanya, disesuaikan bahasa kaumnya.. Semua agama mengajarkan hal yang sama yaitu pelajaran tentang fitrah… Oleh karena itu sesungguhnya agama di dunia ini hanya satu,  yaitu AGAMA FITRAH…

Untuk setiap umat diantara kamu, Kami berikan ATURAN ( SYARIAT ) dan JALAN YANG TERANG ( JALAN SPIRITUAL ) .. Bila Allah menghendaki, pasti kamu dijadikan satu umat ( saja ), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang diberikan-Nya kepada kamu, maka berlomba lombalah berbuat kebajikan
( AL MAIDAH 5 : 48 )

Agama di sisi Allah adalah Islam-Fitrah ( ALI IMRON 3: 19 )
Telah aku sempurnakan agamamu dan  Aku ridhoi Islam-fitrah sebagai agama bagimu
( AL MAIDAH 5 : 3 )
Sesungguhnya agama kamu ini satu agama saja, Aku adalah Tuhanmu oleh karena itu sembahlah Aku  ( AL ANBIYA 21 : 92 )
Tuhan kami dan Tuhan-mu adalah satu dan hanya kepada-Nya kami berserah diri
( AL ANKABUT  29 : 46 )

Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah dari Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu, tidak ada perubahan pada fitrah Allah ( Ar-RUM 30:30 )..

Sesungguhnya ini adalah agama kamu semua, agama yang satu dan AKU adalah Tuham-mu, maka bertaqwalah kepada-KU ( AL MU'MINUN 23:52 )
Kemudian mereka menjadikan agama mereka terpecah-belah menjadi beberapa pecahan.  Tiap-tiap golongan merasa bangga ( EGO ) dengan apa yang ada pada sisi mereka ( masing-masing ).  Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu   ( AL MU’MINUN 23 : 53-54 )

AGAMA FITRAH yang mengajarkan tentang kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih sayang, kesabaran, keikhlasan serta berserah diri kepada Allah melalui keimanan dan ketaqwaan.   Agama Fitrah inilah sebagai ATURAN DAN JALAN YANG TERANG DARI ALLAH yang dianut semua umat…Agama fitrah yang mengatur kehidupan umat di dunia sejak manusia ini diciptakan Allah, sampai saat ini tidak pernah berubah… Agama Fitrah ini diturunkan melalui para Rosul dalam bahasa kaumnya

Bagi setiap umat ada Rosul, ( YUNUS 10 : 47 ). Setiap umat di seluruh dunia...
Bagi tiap-tiap masa ada kitab ( AR RAD 13 : 38 ). Sejak jaman purba...

Kami tidak mengutus seorang Rosulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberikan penjelasan dengan terang kepada mereka  ( IBRAHIM 14 : 4 ).

Sesungguhnya orang-orang mukmin ( beriman ) dan mereka penganut agama Yahudi, Nasrani, Shabiin serta siapa saja yang beriman kepada Allah, hari kemudian serta berbuat kebajikan, mereka akan mendapat pahala dari Tuhan-nya, dan mereka tidak merasa ketakutan dan duka cita ( AL BAQARAH 2 : 62 )

Barang siapa menyerahkan seluruh dirinya kepada Allah dan berbuat kebaikan, baginya pahala pada Tuhan-nya, tiada mereka ketakutan dan tiada mereka bersedih hati ( Al BAQARAH 2 : 112 )

Dan bagi setiap umat ada kiblatnya ( sendiri ) yang ia menghadap kepada-Nya.  Maka berlomba-lombalah kamu ( dalam berbuat ) kebaikan.  Dimana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian.  Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segalanya ( AL BAQARAH 2 : 148 ).

Timur dan Barat milik Allah. Kemanapun engkau menghadap disanalah Wajah Allah, sesungguhnya Allah meliputi segala sesuatu dan mengetahui segala sesuatu
(AL BAQARAH 2 : 115).

KIBLAT BAGI UMAT MUHAMMAD SAW :
Dari mana saja kamu keluar, maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram; sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhan-mu. Dan Allah tidak pernah lengah dari apa yang kamu kerjakan ( AL BAQARAH 2 : 149 )...

Dan dari mana saja kamu keluar palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, dan di mana kamu ( sekalian ) berada palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang dzolim di antara mereka.  Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku.  Dan agar Ku- sempurnakan nikmat-Ku atasmu, dan agar kamu mendapat petunjuk  ( AL BAQARAH 2 : 150 )     

Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah dari Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu, tidak ada perubahan pada fitrah Allah ( AR-RUM 30:30 )..

Sesungguhnya ini adalah agama kamu semua, agama yang satu dan AKU adalah Tuham-mu, maka bertaqwalah kepada-KU
Kemudian mereka menjadikan agama mereka terpecah-belah menjadi beberapa pecahan.  Tiap-tiap golongan merasa bangga ( EGO ) dengan apa yang ada pada sisi mereka ( masing-masing ).  Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu   ( AL MU’MINUN 23 : 52-54 )

AGAMA FITRAH dari Allah bagi setiap umatnya pasti sempurna, tidak perlu disempurnakan lagi karena ALLAH Maha Sempurna.  Oleh karena itu Agama Fitrah ini tidak pernah berubah…Hanya aplikasinya saja yang disesuaikan dengan kearifan lokal, disesuaikan dengan perkembangan zaman…
Allah tidak melihat umatnya dari tata caranya beribadah, namun yang di lihat adalah hatinya, kadar keimanan dan ketaqwaannya…serta perilakunya yang soleh...

Bukanlah suatu kesolehan ( kebajikkan ) bahwa kamu sekalian memalingkan mukamu ke arah timur dan barat, tetapi adalah kesolehan ( kebajikkan ) bahwa kamu sekalian beriman kepada Allah dan hari akhirat, kepada para malaikat, kepada kitab-kitab Allah dan para nabi dan memberikan harta benda betapapun disayangi, kepada kerabat, anak yatim, dan orang-orang miskin, kepada orang dalam perjalanan dan peminta-minta, mendirikan sholat dan membayar zakat. Orang-orang yang memenuhi perjanjian bila mereka membuat perjanjian dan orang yang sabar dalam bencana, dalam kesukaran dan semasa peperangan, merekalah orang yang benar, merekalah orang yang takwa ( AL BAQARAH 2 : 177 )

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa diantara kalian…Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal  ( AL HUJURAT  47:13 ).

Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah dari Allah yang telah menciptakan manusia menurut Fitrah itu, tidak ada perubahan pada Fitrah Allah ( AR-RUM 30:30 )..
Agama di sisi Allah adalah Islam-Fitrah ( ALI IMRON 3: 19 )
Telah aku sempurnakan agamamu dan  Aku ridhoi Islam-Fitrah sebagai agama bagimu
( AL MAIDAH 5 : 3 )

Sesungguhnya agama kamu ini satu agama saja, Aku adalah Tuhanmu oleh karena itu sembahlah Aku  ( AL ANBIYA 21 : 92 )
Tuhan kami dan Tuhan-mu adalah satu dan hanya kepada-Nya kami berserah diri
( AL ANKABUT  29 : 46 )

Sesungguhnya ini adalah agama kamu semua, agama yang satu dan AKU adalah Tuham-mu, maka bertaqwalah kepada-KU. Kemudian mereka menjadikan agama mereka terpecah-belah menjadi beberapa pecahan.  Tiap-tiap golongan merasa bangga ( EGO ) dengan apa yang ada pada sisi mereka ( masing-masing ).  Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu 
( AL MU’MINUN 23 : 52-54 )

Ibaratnya kita diberi beras.. diolah jadi nasi goreng, jadi nasi kebuli untuk orang Arab, jadi nasi padang, jadi nasi jamblang bagi yang sehat,  jadi bubur ayam bagi yang sakit..  Bahan dasarnya tetap BERAS... Demikian juga dengan AGAMA FITRAH.. setelah diolah sesuai dengan bahasa kaumnya, disesuaikan dengan kearifan lokal maka namanya jadi berbeda, jadi Hindu, Budha, Nasrani dan Islam, namun bahan dasarnya tetap tentang FITRAH…
 
Sabda Rosulullah saw : 
Urusan dunia engkau lebih mengetahui, tapi tata cara beribadah ikutilah caraku…
Urusan dunia itu apa...??? Yaitu urusan mulut, perut dan dibawah perut.. Urusan SANDANG, pangan, papan dan pasangan... Masalah sandang adalah cara berpakaian terserah yang penting aurat tertutup..  Pakaian yang paling indah adalah pakaian yang namanya TAQWA... Masalah pasangan yang berbeda agama itu dihalalkan ( AL MAIDAH 5:5 )

Demikian juga dengan pelajaran Agama Fitrah ini diolah, diracik, diblender, diberi bumbu agar enak dan mudah dicerna, disesuaikan dengan perkembangan zaman, sesuai kearifan lokal dari sejak zaman batu, jaman IPTEK sampai ke zaman batu akik…mengalami proses penyempurnaan dari mulai HINDU, BUDHA, NASRANI kemudian terakhir ISLAM… paling sempurna…

Apakah Rosulullah saw..  Melarang kearifan lokal..???
Perhatikan Rukun Islam … yang asli dari Rosulullah saw hanya dua kalimah syahadat.Sholat,  puasa, zakat, haji.. Itu sudah ada sebelum Rosulullah saw dilahirkan… Cara berpuasa seperti Nabi Daud itu sebelum Rosulullah dilahirkan… Nabi Isa as juga diperintahkan mendirikan sholat dan membayar zakat slama hidupnya.. Haji sejak zaman Nabi Ibrahim..

Matahari terbit dari Timur..  Awal mula kehidupan, budaya dan agama di Timur, berkembang ke Barat mengalami proses penyempurnaan .. Diracik, dibelender, diberi bumbu,… mudah dicerna… dikembalikan lagi ke Timur 

Islam itu dinamis :
  • Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang berusaha melakukan perubahan  ( AR RA’D 12 : 11 )  
  • Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya ( YUNUS 10 : 100 )
  • Ada sekitar 100 ayat perintah berpikir, meneliti dan bertanya kepada ahlinya...

Islam itu lembut dan pemaaf :
  • Maka disebabkan rahmat Allahlah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu, karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka dan bermusyawarahlah dengan mereka …( ALI IMRAN 3 : 159 )
  • Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah akan menanamkan dalam (hati ) mereka rasa kasih sayang ( MARYAM 19 : 96 )
  • Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan  ( AL QASHASH 28 : 77 )
Iman itu indah :
  • Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan.  Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus  ( AL HUJURAT 49 : 7 )
Sesungguhnya pernyataan tiada Tuhan selain Allah membawa seluruh umat manusia kepada satu tujuan pemujaan … Allah YME  semata …
Walaupun semua agama mengajarkan tentang FITRAH, gue tetep pilih Islam ajaran Rosulullah saw…

Ada beberapa alasan kenapa Islam ajaran Muhammad pilihanku, yaitu :
  1. Agama wahyu dari Allah SWT untuk semua umat manusia di dunia.
  2. Ajaran beliau memiliki kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman hidup.  
  3. Kemurnian dan keaslian Al Qur’an sangat terjaga. 
  4. Al Qur’an memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Arab. 
  5. Memiliki suri tauladan dari Rosulullah Muhammad.
  6. Umat Islam mempunyai kota suci yaitu Mekah  
  7. Rosulullah saw adalah Rosul yang telah melakukan perjalanan isro mi’raj serta telah mencapai pencerahan sempurna.
  8. Pola syariat ajaran Muhammad SAW juga telah mengoreksi, merevisi, menyempurnakan pola syareat ajaran Nabi-Nabi sebelumnya. 
  9. Mengajarkan keseimbangan kehidupan di dunia dan akhirat
  10.  Islam yang dinamis, islam yang lembut dan pemaaf…
  11.   Masukm akal dan mudah dipahami
  12.  Kebenaran Al Qur’an     terbukti dengan jelas.  
  13.  Ajaran Rosulullah Rahmatan lil alamin.. Rahmat bagi seluruh alam semesta.

Allah pun berfirman  :
Katakanlah : jika kamu mencintai Allah ikutilah aku ( Muhammad ), niscaya Allah mencintaimu dan juga mengampuni dosa-dosa kamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ( ALI IMRAN 3 : 31 )

Allah berfirman kepadanya : “Hai Muhammad, Aku Jadikan engkau salah satu dzikir-Ku.  Orang yang mengingatmu berarti mengingat-Ku”.  Lalu Nabi bersabda : “Orang yang mengingatku berarti mengingat Allah, dan orang yang mencintaiku berarti mencintai Allah” ( HADITS ).

Inilah jalan yang lurus menuju kepada-Ku ( AL HIJR 15 : 41 )
Jangan ikuti jalan-jalan lain ( AL AN’AM 6 : 153 )
Katakanlah : Inilah jalanku, aku mengajak kamu kepada Allah dengan penglihatan yang nyata ( YUSUF 12 : 108 ).
Dengan penglihatanyang nyata artinya AL QUR’AN TERBUKTI KEBENARANNYA…
MISALNYA : API DI DASAR LAUTAN.. Di lautan ada AIR ASIN dan AIR TAWAR yang berdampingan, tidak bercampur... 

Pada hari ini telah Aku sempurnakan untukmu agamamu dan telah Aku cukupkan Nikmat-Ku kepadamu dan telah Aku ridhoi Islam ( Fitrah ) jadi agama bagimu
 (AL MAIDAH 5 : 3 )

MONGGO MAS….
Hadapkan wajahmu pada agama Fitrah… ajaran Rosulullah saw…
Yang telah disempurnakan, masuk akal dan mudah dicerna…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar