Translate

tema 1

tema 1
tema

Jumat, 14 Juni 2013

TUNTUNAN PRAKTIS DZIKIR - MEDITASI Bagian 1-2 Revisi 02 Februari 2016












TUNTUNAN PRAKTIS
DZIKIR – MEDITASI
bagian 1-2  

Revisi
02 Februari 2016





DISUSUN OLEH

Dr. H. MAMAN S.W SpOG

http: //www.slideshare.net/drmaman
http : //www.drmamanspog.blogspot.com




KATA PENGANTAR

Dalam situasi negeri kita yang serba terpuruk ini, telah terjadi juga krisis etika dan krisis moral bangsa. Bangsa Indonesia telah kehilangan pigur kepemimipinan, baik kepemimpinan nasional maupun kepemimpinan spiritual. Memang benar bahwa kefakiran akan mendekatkan diri kita kepada kekafiran. Wajar bila dalam situasi dan kondisi seperti ini banyak orang berusaha mencari ketenangan dan kedamaian dengan caranya masing-masing.  Banyak orang yang berani membayar mahal untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian ini.  Tidak heran bila meditasi dianggap sebagai suatu yang menjanjikan. 

Walaupun telah banyak buku-buku serta kaset-kaset tentang tata cara meditasi yang beredar di pasaran, namun melalui tulisan ini kita mencoba menyusun dan membahasnya dari sudut pandangan Al Qur’an dan Sunah Rosulullah serta memperbandingkannya dengan ajaran agama lain yang bukan agama Islam kemudian hasil akhirnya bagaimana menurut fakta ilmiahnya.

Walaupun penulis bukan pakarnya, namun dengan segala keterbatasannya dan segala kekurangannya mencoba menyusun makalah ini sebagai tuntunan praktis bagi siapapun yang ingin kembali mendekatkan diri kepada Ilahi Robbi.  Tentu saja hasilnya akan lebih baik bila kita juga dibimbing oleh seorang guru yang sudah tercerahkan. Namun jangan ragu dan jangan takut untuk mencoba berlatih sendiri selama kita tetap berpegang pada Al Qur’an dan Sunah… Laa ilaaha illallaah adalah benteng-Ku, barang siapa yang memasukinya, maka dia berada dalam perlindungan-Ku ( Hadits Qudsi )

Hai orang-orang yang beriman bertakwa-lah kepada Allah, carilah jalan ( wasilah ) supaya dekat kepada-Nya dan berjihadlah di jalan Allah supaya kamu berjaya ( AL MAIDAH 5 : 35 )…

Menurut para sufi wasilah-jalan sebagai sarana yang bisa mendekatkan manusia kepada Tuhan itu bukan manusia, akan tetapi keimanan dan perilakunya yang sholeh.  Tidak ada ketergantungan kepada guru mursid, karena guru mursid adalah juga manusia. Sesama hamba Allah yang tidak bisa dijadikan sarana wasilah. Saya pernah baca bahwa tidak ada kewajiban bae’at bagi seorang muslim setelah khalifah tidak ada.. Jadi jangan takut untuk belajar DZIKIR-MEDITASI..tanpa guru mursid, karena guru sejati adalah Allah yang akan membimbing umatnya dengan CahayaNYA menuju kepada CahayaNYA.

Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya ( AL KAHFI 18:110 )

Tuntunan praktis dzikir ini, diselaraskan dengan apa yang dikatakan oleh Rosulullah saw bahwa : pembersih kolbu adalah dzikir dan jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir. 
Itu berarti bila hati kita bersih maka jalan menuju Allah pasti bebas hambatan.  Dzikir adalah jalan tol menuju kepada Allah…   Dzikir bahasa gaulnya MEDITASI…

Kata Al Ghazali kita harus melalui jalan yang ditempuh oleh para sufi yaitu : Bersihkan hati serta istirahatkan pikiran melalui kontemplasi dzikir dan meditasi agar bisa mencapai tahap fana dan kasyaf.  Kata Al Ghazali para sufi melakukan pendakian atau mi’raj tingkat demi tingkat melalui Cahaya demi cahaya, melalui Cahaya Sejati, Cahaya Allah.  Cahaya Allah adalah Energi Sejati.. Seperti halnya pesawat ruang angkasa yang lepas landas, maka perlu roket pendorong yang kuat.  Demikian juga bila kita ingin melakukan pendakian spiritual melalui Cahaya demi Cahaya maka diperlukan energi, Inner Power yang kuat … yang dilatih melalui dzikir-meditasi.  

Perintah dzikir di dalam Al Qur’an sangat jelas : Dzikir lebih utama, selesai sholat dzikir sebanyak-banyaknya, selesai haji dzikir lebih banyak dari itu, dzikir sebanyak-banyaknya agar kamu sukses,  agar diampuni segala kesalahahn, agar dikeluarkan dari tempat gelap ketempat terang…
Oleh karena itu menurut para sufi dzikir hukumnya menjadi wajib…!!!

Banyak sekali tata cara dzikir-meditasi. Carilah cara yang sederhana dan mampu laksana…!!!  Seperti halnya kita belajar membaca dan menulis bisa pakai areng bila kita tidak mampu memiliki laptop. Yang penting kita bisa membaca dan menulis…!!! Setelah kita bisa membaca dan menulis silahkan membaca buka apa saja untuk menambah wawasan…

Cara berdzikir yang diajarkan Rosulullah saw kepada Sayidina Ali : Wahai Ali, pejamkan matamu dan rapatkan bibirmu, lipat lidahmu ke langit-langit mulut dan berdzikirlah Allah.. Allah.. Allah..  ( HR. THABRANI/BAIHAQI )

Sesuai ajaran Al Qur’an sebelum berdzikir sebaiknya kita sholat dan berdo’a terlebih dahulu.  Dimulai dengan sholat wajib, sholat sunah taubat, sholat sunat hajat dan istiharoh, kemudian berdo,a dan selanjutnya diakhiri dengan berdzikir… Sholat dan do’a sebelum dzikir-meditasi merupakan sarana agar suasana hening, suasana sakral, suasana religius terbina tahap demi tahap, sehingga aura sekitar kita bersih… Do’a sebagai pengantar dzikir untuk membersihkan hati, bisa dalam bahasa Indonesia sesuai selera diri kita sendiri…  

Kenapa dalam bahasa Indonesia ??? 
Aku mudahkan Al Qur’an dalam bahasamu. Itulah Firman Allah di dalam Surat Maryam 19 : 97 dan Surat AD-Dukhan 44 : 58
Kita persiapkan do’anya sesuai selera kita, sesungguhnya tanpa do’a pun Tuhan tidak akan marah.  Setelah kita selesai membaca do’a, kemudian kita lanjutkan dengan latihan dzikir - meditasi.  

Walaupun do’anya hanya sekedar dibaca biasa saja setiap malam setelah sholat isa atau setelah sholat subuh tanpa harus dihapal diluar kepala kemudian dilanjutkan dengan berdzikir-bermeditasi minimal selama 30 menit, namun ternyata setelah kita mengerjakannya lebih dari 2-3 malam berturut-turut akan muncul sensasi pada diri kita sebagai reaksi dari masuknya energi Illahi ke dalam tubuh kita dan membangkitkan energi di dalam diri kita.  

Sebelum berlatih dzikir-meditasi kita siapkan aqua di dalam botol tertutup yang kita letakkan di pinggir depan sajadah kita..  Air dibotol itu kita minum dulu seteguk untuk merasakan begitulah rasanya aqua… Setelah selesai berlatih bila aqua di dalam botol itu kita minum maka rasanya berubah agak pahit… Ini untuk membuktikan dan meyakinkan diri kita bahwa Energi Ilahi itu ada…

Energi Illahi ini akan membersihkan semua energi negatif yang ada diseluruh tubuh kita sehingga jasmani kita sehat dan bathin kita pun akan menjadi semakin kuat. Sensasi yang terjadi sebagai efek detoks pada umumnya adalah : Rasa hangat sampai panas dan berkeringat, kadang-kadang pusing, mual sampai muntah serta rasa haru. Kemudian akan muncul getaran-getaran pada kedua tangan sampai seluruh tubuh dan akhirnya muncul gerakan sujud yang disertai rasa haru.
Menurut salah seorang sesepuh, ITULAH YANG DISEBUT SUJUD IMAN…

Hal ini sesuai dengan ayat-ayat yang ada di dalam Al Qur’an : Seseorang yang beriman manakala mendengar atau mengucapkan Asma Allah akan bergetar hatinya (Al Anfal 8 : 2), merinding kulitnya (Az-Zumar 39 : 23), menyungkur dan menangis (Maryam 19 : 58 ).
Dalam hal ini, hati di setiap sel, bahkan hati di setiap atom diseluruh tubuh kita akan bergetar dan memancarkan energi yang luar biasa.

Istilah dzikir adalah tidak memikirkan sesuatu apapun kecuali Tuhan. Meditasi adalah mengosongkan pikiran sambil dalam hati mengulang-ngulang nama Tuhan. 

Sesungguhnya penulis tidak bisa apa-apa, penulis tidak memiliki apa-apa, jangankan kepandaian, kebodohan pun bukan milik penulis.  Walaupun demikian, penulis berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi sesama hamba Allah.
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah Tuhan semesta alam.   Penulis pun menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pembimbing ruhani, semua teman serta semua handai tolan yang tidak bisa disebutkan satu-persatu yang telah membantu penyusunan dan penulisan makalah Tuntunan Praktis Dzikir-Meditasi ini..

Kebenaran yang hakiki senantiasa datang dari Allah. Sebagai insan penulis mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian.

Cirebon, Ramadhan 1423 H…. direvisi Ramadhan 1434 H

Dr H MAMAN SW SpOG











KAHLIL
GIBRAN

Tuhan telah memasang pelita dalam hati-hati kita yang menyinarkan pengetahuan dan keindahan
dosalah yang mematikan pelita itu dan menguburkannya dalam abu.

Tuhan telah menciptakan jiwa-jiwa kamu dengan sayap-sayap
untuk terbang di langit Cinta dan Kebebasan
yang luas.
Alangkah sayangnya kalau kamu tebas sayapmu dengan tanganmu sendiri dan memaksa jiwamu merangkak-rangkak bagaikan kutu di atas tanah.


Renungan-Renungan Spiritual
Penerbit – Percetakan Bentang





PRELUDE
Jalaludin Rumi

Jauh di dalam kalbu ada Cahaya Surga marak menerangi
Paras lautan tanpa suara yang tiada batas
Oh, bahagialah mereka yang menemukanNya dalam tawakal
Rupa segala yang dipuja setiap insan
Orang buta, gandrung pada bayangan benda indah
Hanya akhirnya mengutuk pesona yang menimbulkan bencana,
Bagaikan Harut dan Marut, malaikat sepasang
Yang menganggap diri paling suci dari yang suci
Kebodohan, keinginan dan kebanggaan diri yang jahat
Kan merusak keharmonisan bagian dan keseluruhan
Sia-sialah kita mencari dengan nafsu tak terjinakan
Untuk sampai pada visi Satu Jiwa Abadi
Cinta, hanya cinta yang dapat membunuh apa
Yang tampaknya telah mati, ular nafsu yang telah membeku
Hanya cinta, lewat air mata doa dan nyala rindu
Terungkaplah pengetahuan yang tak pernah dapat di sekolah
Para pecinta Tuhan belajar dari-Nya rahasia
Pemeliharaan, rencana alam semesta
Tinggal di dalam-Nya, mereka selalu menyenandungkan pujian-Nya
Yang menciptakan ribuan Waktu bagi manusia.
Kejahatan tak mereka kenal, karena di dalam-Nya sama sekali tidak ada
Namun tanpa kejahatan bagaimana kebaikan kan menampak
Cinta menyahut : “Mari merasa denganKu, jadilah satu bersamaKu
Dimana ada Aku, tak ada jarak yang bisa memisah
Ada tingkatan Cahaya surgawi dalam jiwa :
Para Nabi dan Orang Suci memperlihatkan jalan yang telah mereka lalui
Langkah awal dan tahap-tahapnya, tempat-tempat berhenti sejenak
Dan tujuan-tujuannya :
Semua menuju ke satu tujuan dalam Tuhan.
Cinta tak kan membiarkan hambanya yang setia lelah terkulai
Keindahan Abadi selalu menarik mereka
Dari kemuliaan menuju kemuliaan, datang kian mendekat
Pada setiap pemberhentian dan percintaan semakin lekat.
Ketika kebenaran bersinar, tiada kata dan cerita nan dapat terucap;
Kini dengarkan Suara di dalam hatimu.
Selamat berpisah

---ooo---

CATATAN PENULIS
Selamat berpisah sebagai ucapan selamat atas berpisahnya ruh dari jasad,
Mati sebelum mati atau mi’raj melalui cahaya demi cahaya




DZIKIR – MEDITASI
PEMBERSIH DAN PEMBUKA HATI


Sabda Rosululllah saw : Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih Qolbu adalah dzikir dan dzikir adalah jalan terdekat menuju Allah… 
Bila hati kita bersih jalan menuju Allah terbuka lebar, bebas hambatan…Berarti dzikir-meditasi itu sebagai pembersih dan pembuka jalan menuju Allah...

Cara berdzikir yang diajarkan Rosulullah saw kepada Sayidina Ali : Wahai Ali, pejamkan matamu dan rapatkan bibirmu, lipat lidahmu ke langit-langit mulut dan berdzikirlah Allah.. Allah.. Allah..  ( HR. THABRANI/BAIHAQI )
 
Yang dimaksud dengan hati dalam hal ini adalah kolbu, bukan organ liver dalam tubuh manusia. Kolbu ini hanya dimiliki oleh manusia. Kolbu ini berlapis-lapis, dimana bagian yang terdalamnya disebut hati nurani atau hati nuraini, berasal dari kata Nur artinya cahaya dan Aini artinya melihat... 

Di dalam diri manusia ada Cahaya Yang Maha Melihat ( AL QIYAMAH 75 : 14 )
Allah akan membimbing dengan Cahayanya kepada Cahayanya bagi siapa  yang Dia kehendaki (AN NUUR 24 : 35).
Barang siapa yang hatinya dibuka oleh Allah kepada Islam ( fitrah ), maka dia itu mendapat Nur dari Tuhan-nya ( AZ-ZUMAR 39 : 22 )
 
MENURUT HADITS QUDSI :
Dalam setiap rongga anak Adam, AKU ciptakan suatu mahligai yang disebut dada, dalam dada ada kolbu, dalam kolbu ada fuad, dalam fuad ada syagofa, dalam syafoga ada sir, dalam sir ada AKU, tempat AKU menyimpan rahasia.

Fuad artinya hati yang bersih dan syagofa artinya yang lebih dalam dari fuad, di dalamnya ada hati nuraini, dalam hati nuraini ada Aku, ada Allah, ada Cahaya Yang Maha Melihat ( AL QIYAMAH 75 : 14 ).

Oleh karena itu menurut para sufi : Qolbu mukmin baitullah.  
Itulah RumahNya, itulah MasjidNya yang sejati, di dalamnya Ruh bersujud, menyebut Namanya, bertasbih pagi dan petang  ( AN NUUR 24 : 36 ) sejak hari pertama Ruh dihembuskan ke janin dalam kandungan ibu… 
Setelah AKU sempurnakan kejadiannya AKU hembuskan Ruh-KU kepadanya
( AL HIJR 15 : 29  dan ASH-SHAD 38 : 72 )

RUHKU.. bukan RUH Ciptaan-KU.. berarti ESSENSI DZAT ALLAH bersemayam di dalam setiap ciptaanNYA.. termasuk di dalam jantung sehingga jantung bisa berdenyut sendiri karena di dalamnya ada ENERGI ALLAH..
Sabda Rosulullah saw : Manusia itu dalam keadaan tidur, ketika mati barulah dia bangkit.. Kita harus belajar mati sebelum mati…agar kesadaran Ruhnya bangkit. Kesadaran Ruh adalah KESADARAN SEJATI untuk berkomunikasi dengan Allah Yang Maha Suci.   Karena RUH berasal dari Dzat Allah… RUH berasal dari DZAT YANG MAHA SUCI yang bisa berkomunkasi dengan yang Maha Suci…

Sesungguhnya sejak di alam arwah semua umat manusia di dunia jiwanya-nafsnya sudah bersyahadat.  Semua jiwa-nafs umat manusia di dunia sudah bersaksi dihadapan Allah.. Semua jiwa-nafs sudah muslim…
Ketika Allah berfirman : bukankah Aku Tuhan-mu….??? Semua Jiwa-Nafs  (anfusihim) berkata : Benar kami bersaksi ( AL A’RAAF 7 : 172 )…

ANFUSIHIM adalah bentuk jamak dari NAFS.. Ada yang mengartikan NAFS sebagai JIWA dan ada juga yang mentafsirkannya sebagai RUH. Secara logika yang diberi amanah, yang bersyahadat, yang bersaksi, yang dibai’at itu NAFSNYA, jiwanya, agar NAFSNYA TERKENDALI, bukan jasmaninya dan bukan pula Ruhnya…!!!  Karena NAFS ini cenderung untuk berbuat jahat.  Ayat ini juga sebagai pernyataan bahwa Nafs-Ruh bisa berkomunikasi dengan Allah ketika masih di alam arwah…


Menurut Irmansyah Effendi Grand Master Reiki Tumo Yayasan Padma Jaya :
Hati Nuraini adalah percikan dari Sang Pencipta yang pada hakekatnya adalah Essensi Dzat Illahiah yang senantiasa jujur, selalu mengetahui kebenaran, selalu mengarahkan kita kepada Tuhan, selalu tegas menolak hal-hal yang menjauhkan kita dari Tuhan. Di dalam hati nurani inilah adanya ketenangan, kedamaian serta kebahagiaan sejati.

Umumnya pada kebanyakan manusia Hati Nuraninya senantiasa tertutup karena didominasi oleh otak kiri yang selalu menampilkan ide-ide bagus namun ternyata menjauhkan kita dari Tuhan. Otak selalu menghasilkan kebahagiaan semu, tak pernah puas, selalu gelisah, bimbang dan ragu, benar dan salah dipengaruhi arus. Walaupun demikian otak masih diperlukan untuk kesungguhan dan kemantapan, untuk menyerap ilmu pengetahuan serta untuk mengendalikan tubuh fisik, dimana tubuh fisik adalah sebagai pelaksana yang akan mengerjakan perintah Tuhan.

Tidak ada pelajaran khusus atau teknik khusus untuk membuka hati nurani ini. Semata-mata kita hanya mohon izin dan keridhoan Allah, mohon barokah Allah, mohon taufik dan hidayah Allah saja yang bisa kita lakukan, selanjutnya pasrahkan diri sepenuhnya kepada Allah, biarkan Tangan Allah yang bekerja, karena hanya Allah-lah yang bisa membuka Hati Nurani kita.   Berarti Irmansyah Effendi secara tidak langsung menganjurkan kita berdzikir atau bermeditasi agar terbuka hijab …

Pengertian dzikir dan meditasi sama saja, hanya berbeda bahasa…
Meditasi adalah mengosongkan pikiran sambil dalam hati mengulang-ngulang menyebut nama Tuhan.  Dzikir atau dzikrullah adalah mengingat Allah tanpa mengingat yang lain selain Allah.   Dia Yang Maha Ghoib yang keberadaanNya tidak terjangkau oleh akal dan pikiran.   Dia yang Maha Rahman dan Rahim, Yang Maha Kuasa atas segalanya.  Tanda-tandanya di segenap penjuru dan di dalam diri mereka, di dalam dirimu dan di dalam diri kita semua, di dalam semua ciptaanNya,  Dzat Allah meliputi segala sesuatu.  Dia ada di mana-mana namun dalam Ke-Esa-anNya Dia tidak kemana-mana.  Dialah Allah Yang Maha Meliputi segala sesuatu. 

Kita boleh menyebut Nama Tuhan dengan Nama apa saja yang baik-baik dari Asma ul Husna.  Kita tidak tahu Tuhan itu laki-laki atau perempuan, karena itu kita boleh panggil Bapa atau Bunda.  Nama Tuhan yang sebenarnya kita tidak tahu, tidak bisa dituliskan dan tidak bisa disebutkan. Kita semua, berjumpa pun belum apalagi mengenal namaNya.

Mereka ( kita semua ) tidak mengenal Allah dengan sebenar-benarnya.  Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa ( AL HAJJ 22 : 74 )

Kamu ( kita semua )tidak menyembah yang selain Allah kecuali hanya nama-nama yang kamu (kita) dan nenek moyang-m ( nenek moyang kita ) membuat-buatnya, Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun tentang nama-nama itu.  
(  YUSUF 12 : 40 )

Itu tidak lain hanyalah nama-nama yang kamu (kita) dan bapak-bapakmu ( bapak-bapak kita )mengada-adakannya, Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuknya, mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan dan hawa nafsunya ( AN NAJM 53 : 23 ).
Tuhan tidak pernah menyusahkan kita.  Tuhan tidak pernah mempermasalahkan nama-Nya.   Dia mengizinkan kita menyebut-Nya dengan nama apa saja yang kita suka, sesuai dengan sifat-sifat-Nya…Tuhan memperbolehkan kita memanggil NAMANYA berdasarkan SIFAT-SIFATNYA yang disebut ASMA’UL HUSNA dan ISMU AZOM… ITULAH SOLUSI DARI TUHAN…
Katakanlah : serulah ALLAH atau serulah AR-RAHMAN dengan nama yang mana saja kamu seru, dia mempunyai nama ASMA’UL HUSNA…(AL-ISRA 17:110)
Hanya milik ALLAH, ASMA’UL HUSNA, maka mohonlah kepada-Nya dengan menyebut ASMA’UL HUSNA itu… (AL-A’RAF 7:180)



Orang Budha menyebutNya Amitaba artinya : Cahaya tanpa batas… Orang Hindu menyebutNya : Rada Swami artinya Ruh Yang Maha Tinggi… Orang Arab menyebutNya Allah, dari kata AL ILLAH artinya yang disembah, bukan nama… Orang Sunda dan Jawa menyebutNya Gusti Pangeran…

SABDA ROSULULLAH SAW :
1.    Berpeganglah pada Al Qur’an dan Sunah…
2.    Urusan dunia engkau lebih tahu, tata cara beribadah ikuti cara-ku..
3.    Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih hati adalah dzikir. 
4.    Jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir.
5.    Sesungguhnya manusia itu dalam keadaan tidur, ketika mati barulah dia bangun…kesadaran Ruhnya bangkit….
6.    Harus bisa mati sebelum mati… 

    Hai orang-orang yang beriman bertakwa-lah kepada Allah, carilah jalan ( wasilah ) supaya dekat kepada-Nya dan berjihadlah di jalan Allah supaya kamu berjaya
( AL MAIDAH 5 : 35 )…

   Wasilah-jalan yang bisa dijadikan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah itu bukan manusia, akan tetapi keimanan dan perilakunya yang sholeh.. Bukan guru mursid.   Tidak ada ketergantungan kepada guru mursid, karena guru mursid adalah juga manusia.  Sesama hamba Allah tidak bisa dijadikan sarana wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah… Saya pernah baca bahwa tidak ada kewajiban bae’at bagi seorang muslim setelah khalifah tidak ada..

   Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya ( AL KAHFI 18:110 )

   Dzikir adalah jalan tol menuju kepada Allah.  Bila hati kita bersih, jalan menuju Tuhan terbuka lebar, bebas hambatan.  Sebaik-baiknya dzikir adalah membaca Al Qur’an.  Telah AKU turunkan Adzikir (AL HIJR 15 : 9)… Adzikir adalah Al Qur’an.

DZIKIR MENURUT AL QUR’AN :
1.    Dzikir lebih utama dalam kehidupan. ( Al Ankabut 29 : 45 ).
2.    Selesai sholat, cari karunia Allah, kerjakan dzikir sebanyak-banyaknya agar kamu sukses ( Al Jumu’ah 62 : 10 ). 
3.    Selesai haji dzikir lebih banyak lagi ( Al Baqarah 2 : 200 ).  
4.    Allah akan memudahkan segala urusan, diberi kecukupan, diberi rizki yang tak terduga, diampuni segala kesalahan, pahalanya berlipat ganda ( At Tholak 65 : 2-3-4-5 ).  
5.    Dikeluarkan dari kegelapan ke tempat yang terang ( Al Ahzab 33 : 41-43 ). 
6.    Diberi kedudukan ( Muhhamad 47 : 7 ).
7.    Orang yang paling mulia di sisi Allah adalah dia yang paling takwa diantara kalian ( Al Hujurat 49 : 13 )
8.    Dengan Dzikir hati akan menjadi tenang dan tenteram  ( Ar Rad 13 : 28 )
9.    Telah Aku turunkan Adz Dzikir ( Al Hijr 15 : 9 ).  Adz Dzikir adalah Al Qur’an.
10. Aku jadikan Al Qur’an itu Cahaya…( Asy Syura 42 : 52 )..
11. Allah adalah Cahaya…( An Nuur 24 : 35 )… An Nuur adalah Allah…

Bila Surat Al Hijr 15 : 9, Asy Syura 42 : 52 dan Surat An Nuur 24 : 35 kita rangkum dan kita simpulkan maka : Adz-Dzikir adalah Allah…
Wajar bila ada sesepuh yang mengatakan : Dengan berdzikir Allah..Allah..Allah.. maka insya Allah, Tuhan akan memperlihatkan Cahayanya…
Amin..Amin..Ya Robbal alamin.. 

Laa ilaaha illallaah adalah statement,  pernyataan kita.
Essensinya adalah Allah.  Bila kita mengucapkan ikrar laa illaha ilallah tanpa memahami essensinya, sama juga bohong.   

Menurut Rosulullah :
Urusan dunia engkau lebih tahu, tata cara beribadah ikutilah cara-ku, kita harus bisa mati sebelum mati. 

Sekarang yang harus kita renungkan dan yang harus kita kaji ulang adalah apakah yang dilakukan Muhammad di gua Hiro sebelum beliau menjadi Nabi, sebelum beliau dinobatkan menjadi Rosulullah ??? Pada saat itu belum ada Al Qur’an, belum ada perintah sholat seperti sekarang, belum ada Sunnah Rosulullah saw sebagai pedoman hidup bagi umat Islam, namun beliau sangat berhasil mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Tuhan secara efektif.  Bagaimanakah caranya agar kita bisa dekat serta bisa berkomunikasi dengan Tuhan seperti beliau ???
KUNCINYA ADALAH DZIKIR-MEDITASI…!!!

Perhatikan Firman Allah :
Apabila telah Aku sempurnakan kejadiannya, Aku tiupkan Ruh-Ku kepadanya (AL HIJR 15 : 29)

RUH berasal dari CAHAYA ALLAH.  RUH berasal dari DZAT YANG MAHA SUCI… Oleh karena itu RUH tetap SUCI tidak akan pernah kena polusi duniawi… Oleh karena Ruh tetap suci maka Ruh bisa berkomunikasi dengan Tuhan, bukan jasmaninya. Berarti Cahaya dengan Cahaya saling berkomunikasi. 
Sesuai dengan Hadits Rosulullah : Mengenal Tuhan harus melalui Tuhan.  
Ruh masuk kedalam jasmani manusia sambil membawa amanah :
Sesungguhnya telah kami tawarkan amanah kepada langit, bumi dan gunung-gunung, akan tetapi mereka semua enggan memikulnya, karena takut menghianatinya, namun  manusia bersedia memikulnya, karena manusia sungguh zalim dan bodoh (AL AHZAB 33 : 72)

Semua JIWA-RUH sebelum dihembuskan kedalam jasmani Allah telah memberinya amanah, dibai’at dengan syahadat agar NAFSU-nya terkendali.. Setelah di dunia amanah tersebut dilalaikan, karena ada nafsu.  Oleh karena itu manusia disebut insan yang artinya lalai.

Wa iz akhaza Robbuka min bani adama min zuhurihim zurriyyatahum wa asyhadahum ala anfusihim alastu birobbikum, qolu bala syahidna…
Dan (ingatlah) ketika Tuhan-mu mengeluarkan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap  mereka ( dan  berfirman ) : Bukankah AKU TUHANMU…??? Semua jiwa ( ANFUSIHIM ) menjawab benar kami bersaksi  (Surat AL A’RAAF 7 : 172)…

ANFUSIHIM bentuk jamak dari NAFS… dimana NAFS ini ada yang mengartikan NAFSU atau EGO, ada yang mentafsirkan JIWA dan ada juga yang mentafsirkan sebagai RUH… Kata NAFS ( ANFUSIHIM ) dalam Surat AL A’RAAF 7 : 172 akan lebih pas bila ditafsirkan sebagai NAFSU… Karena Ruh tetap suci, maka secara logika yang diberi amanah, yang dibai’at dengan syahadat itu NAFSUNYA, agar NAFSUNYA TERKENDALI, bukan jasmaninya dan bukan pula Ruhnya… 

Ketika masih di dalam kandungan, kita sudah hidup karena sudah diberi Ruh, tapi belum bernafas…nafsunya belum muncul.  Setelah lahir kedunia baru kita bernafas yang keluar masuk melalui lubang hidung.  NAFAS berasal dari kata NAFS..artinya NAFSU yang bisa dikendalikan dengan cara MENGATUR PERNAFASAN melalui DZIKIR QOLBU, sehingga KESADARAN RUHNYA bangkit mengendalikan NAFSU.

Kesadaran Ruh adalah kesadaran sejati… Agar kesadaran Ruh kita bangkit maka jasmani harus “dimatikan”, kerja otak harus dihentikan, otak harus berhenti berfikir.  Ego kita harus dimatikan sehingga kesadaran Ruhnya bangkit untuk berkomunikasi dengan Allah dengan cara DZIKIR-MEDITASI… Hening, tanpa suara, tanpa kata-kata, karena yang bisa berkomunikasi serta yang akan kembali kepada Tuhan adalah Ruh.  Oleh karena itu hati harus bersih dari segala macam nafsu… Petunjuk dari Allah datangnya ke hati, bukan ke otak…

Jangan terpesona pada suara-suara yang lewat telinga, itu bisikan syaetan.  Bila mendengar bisikan atau suara lewat telinga kita mohon di dalam hati kepada Allah : Yaa Allah hamba mohon mujizatnya dua kalimah syahadat… sambil menahan nafas baca dalam hati dua kalimah syahadat,  melalui imaginasi tiupkan ke telinga kita yang menerima bisikan.  

Pada saat Rosulullah pertama kali menerima Firman Allah, beliau menggigil ketakutan karena mendengar suara yang menakutkan, bumi terasa berguncang. Ketika menerima Firman-firman Allah berikutnya, beliau sudah terbiasa, suara yang terdengar pun bervariasi, suatu ketika berdengung seperti suara lebah, kadang-kadang seperti suara lonceng, suara seruling, musik surgawi yang merdu.  Setelah mendengar suara-suara tersebut Rosulullah merasa bahwa Firman itu sudah ada di dalam qolbunya.  Dengan demikian sesungguhnya Al Qur’an sudah terprogram dalam hati kita masing-masing.  Itulah Al Qur’an sejati yang ada di dalam diri.

Perhatikan beberapa Firman Allah :
Dialah Jibril yang telah menurunkan Al Qur’an ke dalam qolbumu atas izin Allah  
( AL BAQARAH 2 : 97 )
( Al Qur’an ) ini adalah ayat-ayat yang nyata di dalam hati orang-orang yang diberi ilmu dan hanya orang-orang durjana yang mengingkari ayat-ayat Kami
( AL ANKABUT 29 : 49 .)
Dia (Allah) akan memberi petunjuk kepada Hatinya ( AT-TAGABUN 64 : 11 )
Sesungguhnya Al Qur’an yang mulia berada pada kitab yang terpelihara dan tidak tersentuh kecuali oleh mereka yang di sucikan ( AL WAQI’AH 56 : 77-78 )

Oleh karena itu Rosulullah bersabda :
Belajarlah sampai ke negeri CINA
Bacalah kitab yang kekal yang berada di dalam dirimu …
Apa yang dimaksud kitab yang kekal yang berada di dalam dirimu…???
Itulah Al Qur’an yang mulia, Al Qur’an sejati yang ada di dalam diri …

Kenapa Rosulullah saw menganjurkan belajar ke negeri Cina…???  Kenapa bukan ke negeri Arab…???  Ada apa di negeri Cina…???  Di negeri Cina ada tata cara dzikir-meditasi… Konon kabarnya Rosulullah saw.. pernah berniaga ke wilayah Timur dan membawa SUTRA dari Timur… Secara logika penghasil sutra di wilayah Timur adalah Negara CINA.  Bukan suatu hal yang mustahil bila Allah menghendaki, Rosulullah saw dipertemukan dengan TOKOH SPIRITUAL CINA yang mengajarkan meditasi kepada Rosulullah saw..,  kemudian beliau melakukannya di GUHA HIRO.  Konon kabarnya Rosulullah saw meditasi di Guha Hiro selama 40 malam berturut-turut .. sampai turun WAHYU pertama…

Menurut Al Ghazali dan Ibnu Arabi :
Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya. Barang siapa mengenal Tuhannya maka dia merasa dirinya bodoh. Barang siapa mencari Tuhan keluar dari dirinya maka dia akan tersesat semakin jauh…   

Walaupun ini bukan Hadits Rosulullah…namun sangat populer di kalangan para sufi…!!!  Faktanya memang Allah tidak ada di Mekah…
Apakah Tuhan ada di Mekah ataukah di Cina …???  
Tidak ada satu ayatpun yang mengatakan Allah ada di Mekah atau di Cina...!!!  

Perhatikan firman-firman ALLAH :
Katakanlah bahwa Aku dekat ( AL BAQARAH 2 : 186 ). 
Lebih dekat Aku dari pada urat leher ( AL QAF 50 : 16 ). 
Akan Kami perlihatkan kepada mereka, tanda-tanda Kami disegenap penjuru dan pada diri mereka ( FUSHSHILAT 41 : 53 )
Dzat Allah meliputi segala sesuatu ( FUSHSHILAT 41 : 54 )
Dia bersamamu dimanapun kamu berada ( AL HADID 57 : 4 . )
Kami telah mengutus seorang utusan dalam diri-mu ( AT TAUBAH 9 : 128)
Di dalam dirimu apakah engkau tidak memperhatikan ( AZZARIYAT 51 : 21 ) Tuhan menempatkan diri antara manusia dengan kolbunya ( AL ANFAL 8:24 )

Sesuai Hadits Qudsi :
Dalam dada ada kolbu, di dalam kolbu ada fuad, di dalam fuad ada syagofa, di dalamnya ada Sir, di dalam Sir ada AKU…
Kata AL GHAZALI : Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya. Barang siapa mengenal Tuhannya maka dia merasa dirinya bodoh. Barang siapa mencari Tuhan keluar dari dirinya maka dia akan tersesat semakin jauh…  

Kata AL GHAZALI : Tauhid murni adalah penglihatan atas Tuhan dalam semua benda.  Bila kita tidak menyadari adanya Unsur-Unsur Ketuhanan yang tersembunyi di dalam setiap ciptaan-Nya berarti islamnya islam semu.. Islam-islaman…

Itulah yang dikatakan oleh para Sufi sebagai TAUHID MURNI atau TAUHID DZAT…
Oleh karena itu wajarlah bila AL GHAZALI serta para sufi tidak menganjurkan mencari Tuhan ke Mekah, tapi mencari Tuhan ke dalam diri, agar tidak tersesat.  
Karena Allah adalah AL BATHIN...Allahu bathinul insan..

Kenyataannya memang benar bahwa perjalanan mencari dan mengenal Allah bukan perjalanan ke Masjidil Harom, bukan pula ke Mekah, namun perjalanan dari alam lahiriyah ke alam bathiniyah, menyelam ke dasar qolbu, memasuki FUAD, memasuki SYAGOFA, masuk kedalam SIR, di dalam SIR ADA AKU.. itulah MUTIARA SEJATI  yang akan memperlihhatkan CAHAYANYA... Perjalanan menuju Allah adalah perjalanan yang tidak masuk akal, perjalanan yang transendental, BUKAN PERJALANAN KE MEKAH...  

Ingat bahwa Hadist mulai dipermasalahkan  setelah 100 tahun Rosulullah wafat, melalui perdebatan panjang antar kelompok kepentingan, mungkin wajar bila ada Hadits yang sengaja dihilangkan…!!! Who know gitu loh…!!!???

Menurut Charan Singh yang beragama Hindu :
Untuk bertemu dengan Tuhan, kita harus bisa mati selagi hidup. Kita harus meditasi, yaitu hening,  mengosongkan pikiran, menghampakan tubuh dan membawa aliran jiwa atau ruh ke suatu titik diantara dan dibelakang mata, yang disebut mata ke tiga, sambil dalam hati mengulang-ngulang nama Tuhan.  

Dengan meditasi kita menyatukan jiwa atau ruh dengan kekuatan Cahaya dan Suara di dalam. Hanya dengan memusatkan perhatian kita ke mata ketiga itu sajalah kita bisa mendengar suara di dalam. Suara di dalam itulah yang akan menarik kita naik ke dalam cahaya. Yang dimaksud mata ketiga adalah pusat pikiran dan jiwa atau ruh dalam keadaan sadar, terletak ditengah-tengah dahi diantara kedua alis mata, lebih tepatnya lagi, kira-kira satu setengah inci dari pusat itu ke arah dalam.

Selama kita masih belum menarik kesadaran kita ke pusat mata ketiga dan menghubungkannya dengan Ruh, dengan Sumber Suara, Sumber Firman di dalam, kita tidak dapat mati selagi hidup.  Proses kematian pun seperti itu, ruh kita akan tertarik naik mulai dari telapak kaki ke pusat mata ketiga.  Perbedaan penting adalah pada mati selagi hidup hubungan ruh dengan tubuh tidak terputus.  Setelah mencapai mata ketiga maka perjalanan ruh yang sesungguhnya akan dimulai.

Bila seluruh kesadaran telah meninggalkan tubuh bagian bawah dan kita telah melewati mata ke tiga, maka ruh kita akan keluar dari tubuh jasmani dan memasuki alam astral, Out Of Body Experience ( OOBE ). Tanpa mati selagi hidup, tanpa meditasi kita tidak bisa masuk ke dalam untuk berjumpa dengan Tuhan, Guru Sejati kita.  Satu-satunya jalan untuk mencapai Guru Sejati adalah melalui meditasi.  
Tujuan meditasi adalah untuk memperoleh ketenangan serta perasaan cinta kasih di dalam hati.  Ketenangan baru diperoleh bila semua penutup telah disingkirkan dari jiwa, maka jiwa pun menjadi bersinar dan menjadi murni, sehingga layak untuk bersatu dengan Tuhan.   
Meditasi adalah do’a tanpa kata-kata.  Do’a dengan kata-kata adalah sarana menuju meditasi.  Dengan meditasi kita berserah diri sepenuhnya kepada Tuhan tanpa pamrih, berserah diri secara sempurna.   Meditasi adalah do’a yang sesungguhnya, do’a yang terbaik, yang amat sangat menyenangkan Tuhan, yang akan diterima Tuhan, karena Ruh kita ingin kembali bersatu dengan-Nya.

Pada puncak meditasi akan dicapai suatu kondisi “trance” mistik. Suatu tingkatan kenikmatan dimana kesadaran akan dunia materi hilang. Keheningan yang sangat dalam.  Kondisi seperti itulah yang disebut samadhi … akhirnya mencapai Yoga … artinya penyatuan, manunggal … dimana ruh kita memasuki alam ghoib.  

Istilah SAMADHI menurut AL GHAZALI adalah mencapai tahap fana dan kasyaf.  Fana artinya lebur dan larut.  Kata Al Hallaj bagaikan anggur tercampur air murni.  Sedangkan kasyaf artinya terbukanya hijab atau tabir.  Dalam hal ini pandangan mata bathin kita, mata hati kita, mata kebijaksanaan kita akan menjadi tajam.
Mulai hari ini Aku buka tabir yang menutupi matamu, maka pandangan matamu menjadi tajam (Al Qaaf 50 : 22)   

Menurut Suma Ching Hai yang beragama Budha :
Walaupun pada awalnya berbeda-beda namun untuk mencapai puncak pencerahan Ruhani hanya ada satu jalan yaitu melalui kontemplasi pada Cahaya dan Shabda yaitu Getaran di dalam .  Sehingga kita bisa melakukan kontak dengan Ruh, dimana Ruh ini merupakan manifestasi dari Cahaya dan Getaran Suci.  Inilah yang disebut metode Kuan Yin.  Metode ini adalah metode pendengaran dan penglihatan ruhani, metode transendental ( tak terjangkau akal ) yang tidak dapat diuraikan melalui bahasa manusia.  Semua ditransmisikan dalam keheningan.

Shabda, Firman atau Logos tersebut merupakan musik surgawi, merupakan bahasa dari Cinta Kasih Universal dan Kecerdasan Agung.  Semua ajaran berasal dari Suara Hening ini, semua bahasa berasal dari bahasa Universal ini.  Melodi surgawi ini dapat menyembuhkan semua luka, serta dapat memenuhi dan memuaskan semua dahaga duniawi.  Suara inipun dapat membersihkan kita dari semua dosa-dosa dan membawa kita ke Sumber Asalnya.

Jalaluddin Rumi  Sufi besar dari Persia menulis sebagai berikut :
Bila makrifat kepada Dzat ingin kau dapat, lepas aksara, galilah makna.  Katupkan bibirmu, tutup matamu, sumbat telingamu.  Tertawakan aku manakala engkau tidak melihat Rahasia Yang Maha Benar.

Dengan demikian secara tidak langsung Rumi mengajak kita untuk bertafakur, mengajak kita untuk bermeditasi, mengajak kita untuk menyelam lebih dalam sampai ke dasar samudera makrifat, untuk mendapatkan mutiaranya.  Mencari Dia Yang Sejati.  Dia Yang Berdiri Dengan Sendirinya tanpa penolong. Belum ada apa-apa disampingnya.  Belum ada nada, belum ada suara yang bisa kita dengar, belum ada aksara,  belum ada Kitab apapun, belum ada Zabur, Taurat, Injil maupun Al Qur’an dan Hadits.  Dia wajib adanya, tapi bisa juga mungkin adanya.  Dia berada dalam kekosongan, kehampaan, kesunyatan, keheningan.

Tutup semua kitab, buka mata hati… Hening, dalam keheningan rasakan keberadaan-Nya dengan Nurani yang bening, dalam hening dengarkan Shabda-Nya, dengarkan Firman-Nya dengan telinga bathin …

Rumi mengisyaratkan agar kita tidak terpaku pada aksara.  Al Kitab ibarat perahu yang membawa kita ke tengah Samudera Ahadiyah, Samudera Ketuhanan, bila kita ingin mendapatkan mutiaranya maka mau tidak mau kita harus menyelam, menyelam ke dalam qolbu, mencari dan mengenal Rumah Tuhan yang sejati, mencari Dia Yang Sejati,

Barang siapa mengenal dirinya, maka dia mengenal Tuhan-nya. Barang siapa mengenal Tuhannya maka dia merasa dirinya bodoh. Barang siapa mencari Tuhan keluar dari dirinya sendiri, maka dia akan tersesat semakin jauh…!!!  

Rumi pun menulis sebagai berikut :
Salib dan Orang Kristen, dari ujung ke ujung ku periksa :
Dia tidak ada lagi di salib.
Aku pergi ke rumah berhala, ke pagoda tua; tiada tanda apapun di sana.
Aku pergi ke bukit Herat dan Kandahar; ku pandang :
Dia tidak ada di bukit maupun di lembahnya.
Dengan niat kuat ku beranikan diri ke puncak gunung Qaf;
Di tempat itu hanya ada tempat tinggal burung “Anqa”
Aku pun mengubah pencarianku ke Ka’bah;
Dia tidak berada di tempat kaum muda dan tua.
Aku bertanya kepada Ibnu Sina tentang-Nya;
Dia ternyata di luar jangkauannya.
Ku beranikan diri menuju ke “jarak dua busur”;
Dia pun tidak ada di ruang agung itu.
Aku menatap hatiku sendiri;  disana kulihat Dia…
Dia tidak berada di tempat lain.

Pada bagian lain Rumi menulis sebagai berikut :
Jauh di dalam qolbu ada Cahaya Surga
marak menerangi paras lautan tanpa suara yang tiada batas.
Oh, bahagianya mereka yang menemukannya dalam tawakal,
Rupa segala yang dipuja setiap insan.  …. Dst…
Sia-sialah kita mencari dengan nafsu tak terjinakan
untuk sampai pada visi Satu Jiwa Abadi
Cinta, hanya cinta yang dapat membunuh apa yang tampaknya telah mati,
ular nafsu yang telah membeku
Hanya cinta… lewat air mata doa dan nyala rindu
Terungkaplah pengetahuan yang tak pernah dapat di sekolah
Semua menuju ke satu tujuan dalam Tuhan…

Pada bagian akhir dari puisi ini Rumi menulis :
Ketika kebenaran bersinar, tiada kata dan cerita yang dapat terucap
Kini dengarkan Suara di dalam hatimu.
Selamat berpisah

Selamat berpisah adalah ucapan selamat atas berpisahnya ruh dari jasad…
Dengan demikian sesungguhnya Rumi pun mengisyaratkan kepada kita untuk bisa mati sebelum mati melalui meditasi Cahaya dan Shabda.  Meditasi untuk melihat Cahaya dan mendengarkan Shabda Tuhan di dalam kolbu.  
Karena di dalam kolbu ada AKU sebagai sumber Shabda, sebagai sumber Firman, sebagai Sumber Al Qur’an tanpa tulis. 
Ingat baik-baik, petunjuk dari Alah itu ke hati bukan melalui telinga…
Petunjuk itu dari AKU kepada AKU…

Perhatikan Firman-firman Allah :
Jibril itu telah menurunkan Al Qur’an ke dalam qolbumu ( AL BAQARAH 2 : 97 ).
Dia (Allah) akan memberi petunjuk kepada hatinya ( AT-TAGABUN 64 : 11 )
( Al Qur’an ) ini adalah ayat-ayat yang nyata di dalam hati orang-orang yang diberi ilmu dan hanya orang-orang durjana yang mengingkari ayat-ayat Kami
( AL ANKABUT 29 : 49 )
Sesungguhnya telah datang kepadamu dari Allah Cahaya dan Kitab yang terang
 ( AL MAIDAH  5 : 15 )

Mari kita simak juga Surat Yaassiin 36 : 82 : Bila Tuhan menghendaki, maka Dia bersabda : KUN … FAYAKUN. Berarti semua kejadian, seluruh keberadaan alam semesta ini diawali dengan Shabda, Firman, Kalam atau Logos : KUN … JADILAH
Menurut Al Kitab : Pada mulanya adalah Shabda, Shabda adalah Tuhan, kemudian Shabda bersama Tuhan. Ibarat biji berasal dari pohon dan pohon berada dalam biji, karena di dalam biji ada benih, ada potensi, ada Shabda : KUN…Jadilah, maka jadi.
Pada awalnya Tuhan bersabda KUN. Kemudian muncul titik Cahaya Pertama yang disebut Nur Muhammad, sebagai sumber penciptaan seluruh keberadaan.
Nur Muhammad disebut juga sebagai Jauhar Awal – Jauhar Akhir..

Hadits Qudsi :
Aku adalah perbendaharaan yang tersembunyi, oleh sebab cinta, Aku ingin dikenal, maka Aku jadikan makhluk ( Nur Muhammad ) agar ia mengenal akan Aku.

Hadits Rosulullah SAW  :
Aku adalah bapak dari segala ruh.
Aku berasal dari Cahaya Allah, semua yang ada di alam ini berasal dari cahaya ku.
Yang mula-mula dijadikan Allah adalah Nur Nabimu ya Jabir dan Allah jadikan dari Nur itu segala sesuatu dan engkau wahai Jabir adalah termasuk sesuatu itu.

Wajar bila ada sesepuh yang mengatakan bahwa Ruh berasal dari Nur Muhammad, dimana Nur Muhammad itu disebut juga sebagai Ruh Idhofi atau Wujud Idhofi.  

Setelah Aku sempurnakan kejadiannya, Aku hembuskan Ruh-Ku kedalamnya ( Al Hijr 15 : 29 ).  

Ruh-Ku atau Ruh Idhofi ini merupakan essensi Dzat Ilahiyah yang berada di dalam setiap ciptaanNya, di dalam patung, di dalam batu, bahkan dalam debu sekalipun..
Essensi Dzat Allah berada di dalam inti setiap sel, berada di dalam inti setiap atom, berada di dalam inti setiap ciptaanNya, sebagai Sumber Energi Tersembunyi Yang Maha Dasyat… telah terbukti secara ilmiah … bila inti atom itu bergetar, Energi itu bisa menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang…

Bila kita bisa menggetarkan essensi Dzat Ilahiyah di dalam setiap atom yang berada di dalam diri kita,… itu luar biasa.  Secara minimal kita akan merasakan bergetar hatinya ( Al Anfal 8 : 2 ),, merinding kulitnya ( Az-Zumar 39 : 23 ), kemudian akan  menyungkur dan menangis ( Maryam 19 : 58 ).

Kata Rosulullah, manusia itu dalam keadaan tidur, ketika mati baru dia terbangun.  Harus bisa mati sebelum mati, agar kesadaran Ruhnya bangkit… Energinya bangkit.
Wajar bila Al Ghazali mengatakan bahwa tauhid murni adalah penglihatan atas Tuhan dalam semua ciptaanNya, bila kita tidak menyadari keberadaan Tuhan di dalam setiap ciptaanNya maka islamnya adalah islam semu.

Kata Ibn Arabi, itulah yang disebut Wahdatul Wujud.  Lalu apakah Ibn Arabi, Al Ghazali, Jalaluddin Rumi, Al Hallaj serta para sufi lainnya yang menganut paham Wahdatul Wujud itu sesat…!!!???  Apakah Rosulullahpun sesat bila beliau mengatakan : Aku Ahmad tanpa mim, berarti Aku Ahad..  Aku Arab tanpa ain, berati Aku Rab…!!!  Lu pikirin aja sendiri Bro…!!! Cape deh…

Dia bersamamu dimanapun kamu berada ( AL HADID 57 : 4 . )
Tanda-tanda Kami disegenap penjuru, dan didalam diri mereka sendiri ( FUSHSHILAT 41 : 53 )
...di dalam dirimu, apakah engkau tidak memperhatikan ( ADZ-DZARIYAT 51 : 21 ).  
Kami telah mengutus seorang utusan dalam diri-mu ( AT-TAUBAH 9 : 128)
Tuhan menempatkan diri antara manusia dengan kolbunya ( AL-ANFAL 8:24 )

Perhatikan Surat An Nuur 24 : 35 :
Allah adalah Cahaya langit dan bumi. Cahaya di atas Cahaya, Tuhan akan membimbing dengan Cahaya-Nya kepada yang Dia kehendaki.
Kemana ??? Tentu saja kepada Cahayanya.  Tanpa cahaya kita akan seperti orang buta yang berjalan sambil meraba-raba, tanpa arah dan tujuan.   

Surat An Nuur 24 : 36 :
Cahaya itu menerangi rumah-rumah, di dalamnya Allah berkenan untuk dijumpai dan dimuliakan Namanya serta bertasbih pagi dan petang…  

SUCIKANLAH RUMAHKU bagi mereka yang thowaf, itikaf, yang ruku dan sujud
( AL BAQARAH 2 : 125 ).
Janganlah kamu mempersekutukan Aku dengan apapun, SUCIKANLAH RUMAHKU bagi mereka yang thowaf, mendirikan dan ruku bersujud ( AL HAJJ 22 : 26 )
IKHLAS kepada Allah, jangan mempersekutukan DIA dengan apapun

( AL HAJJ 22:31 )
PERINTAH ALLAH SANGAT JELAS : SUCIKANLAH RUMAHKU dan JANGAN MEMPERSEKUTUKAN AKU dengan apapun.  RumahKu yang mana yang harus disucikan…???  Tidak dikatakan RumahKu yang ada di MEKAH.. Bila Rumah Tuhan dibuat dari batu dan beton, lalu Tuhannya seperti apa…???  Apakah ini tidak mempersekutukan Tuhan…???

Rumah-KU yang dimana...???  Tidak dikatakan RUMAH-KU yang ada di MEKAHYang jelas kita dlarang MEMPERSEKUTUKAN Allah dengan apapun
Bila BAITULLAH itu dibuat dari batu dan beton seperti yang ada di Mekah, lalu Allahnya seperti apa…???  APAKAH KITA TIDAK MEMPERSEKUTUKAN ALLAH…???


Di dalam diri manusia ada Yang Maha Melihat  ( AL QIYAMAH 75 : 14 )

Di dalam setiap rongga anak Adam Aku ciptakan suatu mahligai yang disebut dada, dalam dada ada kolbu, dalam kolbu ada fuad ( hati yang bersih ), dalam fuad ada syagofa, di dalam syagofa ada Sir, di dalam Sir ada AKU..( HADITS QUDSI ):
AKU tidak ada di bumi, AKU tidak ada dilangit tapi AKU berada di dalam hati orang-orang mukmin yang benar…( HADITS QUDSI )
Jadi wajar bila para sufi mengatakan Kolbu mukmin baitullah.  Itulah Baitullah yang sejati, Itulah RumahNya, yang harus disucikan.. agar tidak menjadi sarang syaeton dan iblis…Di dalamnya ruh bersujud, memuliakan NamaNya serta bertasbih pagi dan petang…
di dalamnya Allah berkenan untuk DIJUMPAI, dimuliakan dan disebut Namanya serta bertasbih pagi dan petang… ( AN NUUR 24 : 36 )

Karena sesungguhnya semua ruh manusia sudah muslim, sudah berserah diri sejak di alam arwah, sejak hari pertama di dalam kandungan ibu, sejak hari pertama dilahirkan…
Tuhan berfirman : Bukankah aku Tuhanmu. Para Ruh-Jiwa menjawab : Benar kami bersaksi ( Al A’raf 7 : 172 ).   

Rumah Allah tidak dibuat dari batu bata, tapi dari kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih sayang, kesabaran dan keikhlasan serta berserah diri kepada Allah melalui keimanan dan ketakwaan,… Itulah Fitrah… Itulah Islam sejati, bukan Islam Arabi… Itulah AGAMA FITRAH SEBAGAI ATURAN DAN JALAN YANG TERANG dari Allah yang diturunkan melalui para Rosul untuk seluruh umat manusia…tidak hanya di ARAB...

Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu BERBANGSA-BANGSA dan BERSUKU-SUKU agar kamu saling kenal-mengenal.  Sesungguhnya orang YANG PALING MULIA  diantara kamu di sisi Allah dialah ORANG YANG PALING TAQWA diantara kamu.  Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (AL HUJURAT 49 : 13)

UNTUK SETIAP UMAT diantara kamu, Kami berikan ATURAN ( SYARIAT ) dan JALAN YANG TERANG (JALAN SPIRITUAL) .. Bila Allah menghendaki, pasti kamu dijadikan satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang diberikan-Nya kepada kamu, maka berlomba lombalah berbuat kebajikan ( AL MAIDAH 5 : 48 )

Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah, Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu, tidak ada perubahan pada fitrah Allah ( AR-RUM 30:30 )..

Allah mengajarkan tentang AGAMA FITRAH kepada semua umatnya di seluruh dunia sebagai ATURAN dan JALAN YANG TERANG bagi kehidupan umat manusia di dunia dan akhirat… AGAMA FITRAH adalah AGAMA yang mengajarkan tentang kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih-sayang, kesabaran, keikhlasan serta berserah diri kepada Tuhan melalui keimanan dan ketaqwaan.  Apapun YG DIAJARKAN ALLAH pasti SEMPURNA, tidak mungkin manusia bisa merubahnya..

FITRAH itulah RUH ISLAMI sebagai ATURAN dan JALAN YANG TERANG apapun nama agamanya…!!!  Itulah ISLAM SEJATI yang diajarkan Allah melalui para Rosul kepada semua umatnya di dunia sesuai bahasa kaumnya HINDU-BUDHA-NASRANI-ISLAM…

Bagi setiap umat ada Rosul, ( YUNUS 10 : 47 ). Semua umat di seluruh dunia..
Bagi tiap-tiap masa ada kitab ( AR RAD 13 : 38 ). Sejak zaman purba..
Kami tidak mengutus seorang Rosulpun, melainkan dengan bahasa kaumnya, supaya ia dapat memberikan penjelasan dengan terang kepada mereka ( IBRAHIM 14 : 4 )... Bahasa LISAN dan KEARIFAN LOKAL..

Di ibaratkan Allah memberi kita beras, supaya mudah dicerna dan enak rasanya, maka kita olah jadi nasi kebuli, jadi nasi goreng, jadi nasi rames, jadi nasi padang itu semua bagi yang sehat, untuk yang sakit kita buatkan bubur ayam.... Setelah dioalah namanya jadi berbeda.  HINDU-BUDHA-NASRANI-ISLAM. namun bahan dasarnya TETAP BERAS...   Allah akan murka bila otak kita ngga di pake...
Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya  (Yunus 10 : 100)

Demikian juga agama Fitrah...setelah diolah ada yang menyebutnya PEPAYA,  ada yang bilang KATES, ada yang bilang GEDANG... setelah dikupas isinya sama, ketika dimakan rasanya sama dan hasil akhirnya juga sama. karena untuk mencapai puncak spiritual tata caranya juga sama, yaitu harus melalui DZIKIR-MEDITASI sehingga bisa mencapai tingkat IKHSAN dan menjadi INSAN KAMIL....

Orang JAWA menyebutnya.. ILMU SEJATI SANGKAN PARANING DUMADI
Orang SUNDA menyebutnya.. AGAMA SUNDA WIWITAN…

Wajar bila kang Aqil S. dan tokoh-tokoh NU menutup buku mengenai masalah perbedaan agama… tidak perlu diperdebatkan lagi…
Walaupun beda bahasa...namun ESSENSI dan SUBSTANSINYA tetap sama, tidak pernah berubah... KARENA AGAMA DI MUKA BUMI CUMA SATU …YAITU AGAMA FITRAH Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah, karena Fitrah Allah tidak pernah berubah.  KENAPA KITA HARUS BERTENGKAR…???

Sesungguhnya agama kamu ini satu ( AL ANBIYA 21 : 92 )
Agama di sisi Allah adalah Islam-Fitrah ( ALI IMRON 3: 19 )
Aku ridhoi Islam ( Fitrah ) sebagai agama bagimu ( AL MAIDAH 5 : 3 )

Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah, Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu, tidak ada perubahan pada fitrah Allah ( AR-RUM 30:30 )..

Sesungguhnya ini adalah agama kamu semua, agama yang satu dan AKU adalah Tuham-mu, maka bertaqwalah kepada-KU  ( AL MU’MINUN 23 : 52 )

Kemudian mereka menjadikan agama mereka terpecah-belah menjadi beberapa pecahan.  Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka ( masing-masing ). Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu ( AL MU’MINUN 23 : 53-54 )


Kemudian Rosulullah saw sebagai nabi terakhir mengajarkan tentang ISLAM sebagai agama yang diridhoi Allah... karena dari Allah...
Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu, telah Aku cukupkan nikmatKU dan  Aku ridhoi Islam ( FITRAH ) sebagai agama bagimu  ( AL MAIDAH 5 : 3 )

Sesungguhnya agama kamu itu satu saja, dan Aku adalah Tuhan-mu, oleh karena itu sembahlah Aku ( Al Anbiya 21 : 92 )

Semua agama mengajarkan tentang Fitrah… termasuk agama Islam ajaran Rosulullah saw.
Agama FITRAH adalah Islam yang hakiki yang sudah terprogram dalam hati nurani kita masing-masing… Tanpa kita sadari itulah Islam Sejati yang dianut semua umat… Itulah Islam yang diridhoi Allah…!!!  

PERINTAH ALLAH SANGAT JELAS...
Hadapkan wajahmu pada Agama Fitrah, Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu, tidak ada perubahan pada fitrah Allah ( AR-RUM 30:30 )..

Bukan hadapkan wajahmu pada agama Islam ARABI..SUNI.. WAHABI..SYI’AH…dll...!!!
Kita tidak hidup di zaman Rosulullah saw, tapi hidup di zaman now, dimana Islam akan terpecah menjadi 73 golongan…Dari yang 73 golongan itu, kita tidak tahu Islam apa yang diridhoi Allah…

Semua Rosul sudah muslim, sudah berserah diri kepada Allah.  Semua Rosul mengajarkan tentang Fitrah.  Karena sesungguhnya agama di dunia itu satu… yaitu agama Fitrah… Hadapkan wajahmu pada agama Fitrah, karena Fitrah Allah tidak pernah berubah, yang berubah adalah zamannya, peradabannya, budayanya dan ilmu pengetahuan umatnya dari zaman purba sampai sekarang zaman IPTEK…Dari zaman Animisme sampai Islam ajaran Rosulullah saw… ITULAH EVOLUSI BUDAYA DAN AGAMA…

Bagaimana menurut Al Ghazali ???
Beliau membahas Surat An Nuur 24 : 35 dalam Myskat Al Anwar :  Allah adalah Cahaya langit dan bumi, Cahaya di atas Cahaya, Allah akan membimbing dengan Cahayanya kepada yang Dia kehendaki.

Menurut Al Ghazali, Cahaya Yang Sejati adalah Allah, yang lainnya hanya sekedar mayaz, kiasan, sekedar “pinjaman” dari CahayaNya. Melalui Cahaya Sejati inilah orang-orang arif “mi’raj”, melakukan pendakian dari mayaz ke puncak hakikat, sehingga mereka melihat dengan musyahadah, penyaksian secara langsung.

Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat ( Al Insiqaaq 84 : 19 )

Menurut Al Ghazali tiada jalan lain kecuali melalui jalan yang telah ditempuh para sufi, yaitu orang-orang yang telah mendapat Hidayah Allah serta telah mencapai pencerahan sempurna.  Jalan yang dimaksud adalah Tasawuf.  
Menurut Hadi, tasawuf adalah jalan untuk mencapai makna hakiki ajaran Islam.  
Menurut Simuh, tasawuf adalah ajaran atau kepercayaan tentang hakikat atau Tuhan yang bisa didapatkan melalui tanggapan kejiwaan yang terlepas dari tanggapan akal, pikiran dan panca indera.  Ciri khas tasawuf adalah fana dan kasyaf.  Tanpa fana dan kasyaf itu bukan tasawuf.  

Secara garis besarnya, tasawuf adalah pelajaran tentang tata cara mensucikan jasmani dan ruhani, mensucikan lahir dan bathin agar bisa menjadi manusia mulia (insan kamil) yang mendapatkan keridhoan Allah melalui proses fana dan kasyaf. Rahasia tasawuf berada dalam kandungan Al Qur’an dan Sunah.

Oleh karena itu, tasawuf disebut juga sebagai mistikisme Islam.  Kata mistik sendiri berasal dari kata myen dalam bahasa Yunani, ada kaitannya dengan kata misteri yang artinya “menutup mata” atau terlindung di dalam rahasia.  Tersirat di dalamnya ada suasana, kekudusan dan kekhusuan dalam upaya menangkap Rahasia Tuhan melalui disiplin spiritual yang ketat dan sunguh-sungguh (Schimmel, 1981).

Menurut Al Ghazali untuk bisa makripat kepada Dzat ada tiga tahap :
  1. Bersihkan Hati … Yaitu : mohon ampunan dan kasih sayang Allah, sabar, ikhlas dan pasrah. Hati harus bersih, karena hati merupakan pintu masuk ke alam ghoib.  Pintu hati akan terbuka bila sudah bersih.
  2. Istirahatkan pikiran … Yaitu melalui kontemplasi, melalui dzikirullah.
  3. Mencapai fana dan kasyaf… melalui iluminasi.  Mencapai fana, ego kita lebur, larut, menyatu dengan alam, terbebas dari ruang dan waktu, terbebas dari pengkotakkan duniawi, baqo dalam Tuhan, akhirnya mencapai kasyaf yaitu terbukanya tabir…

Yang disebut meditasi itu apa??? Meditasi adalah dzikirullah… Meditasi adalah hening, mengosongkan pikiran sambil dalam hati mengulang-ngulang nama Tuhan.  Saat meditasi-dzikir ada Cahaya dalam bathin. Tuhan memperlihatkan Cahayanya.

Menurut Khrisnamurti :
Essensi meditasi adalah berakhirnya pikiran.  Otak berhenti berpikir sepenuhnya.  Bathin yang meditatif adalah hening, suasana bathin yang sangat religius. Pada saat itu muncul letupan gelora kasih sayang yang luar biasa, kasih sayang universal tanpa syarat, penyerahan total kepada Allah.  

Kondisi seperti itulah yang disebut samadhi, tidak ada lagi pemisahan dan pengkotakan duniawi.  Di dalam kasih sayang ini semua pemisahan dan pengkotakan duniawi berakhir, terbebas dari ruang dan waktu.  Otak terbebas dari pikiran mesjid, gereja, kuil, pagoda, doa-doa maupun lagu-lagu pujian lainnya. Otak tidak lagi berfikir hitam-putih, coklat-kuning, mata belo mata sipit.  Karena kita telah sadar dan telah mengenal rumah Tuhan Yang Sejati, Kuil Tuhan Yang Sejati, Masjid Tuhan Yang Sejati, buatan Tuhan sendiri, tidak dibuat dari batu bata,  tapi dari kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih - sayang, kesabaran dan keikhlasan serta berserah diri kepadaNya melalui keimanan, ketakwaan…
Itulah AGAMA FITRAH… Itulah Islam yang diridhoi Allah yang dianut semua umat….

Kita sadar bahwa Tuhan tidak berada di bumi, tidak berada di langit, akan tetapi Dia bersemayam dalam hati orang-orang yang beriman.  Kata para Sufi : Kolbu mukmin baitullah.  Di dalamnya Ruh bersujud sejak hari pertama Ruh dihembuskan ke dalam janin dalam kandungan ibu.  Kita sadar bahwa Allah tidak beragama, karena Dia-lah pemilik semua agama.  Allah tidak bersyahadat, karena Dia-lah yang memerintahkan umat manusia untuk bersyahadat kepada-Nya.

Perhatikan Firman Allah :
Bukankah aku Tuhanmu.  Para Jiw-Ruh menjawab : Benar kami bersaksi ( Al A’raf 7 : 172 ).  
Semua Jiwa-Ruh sudah berserah diri, artinya semua jiwa-ruh sudah muslim.   Bila kita mau jujur, sesungguhnya semua umat manusia di dunia sudah muslim… Semua JIWA-Ruh sudah DIBERI AMANAH, DIBAI’AT DENGAN SYAHADAT agar NAFSNYA TERKENDALI… agar tidak membuat onar di muka bumi…

Allah telah menciptakan umat manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling bersilaturahmi dan berlomba-lomba berbuat kebaikan.  Siapapun yang memutuskan tali silaturahmi, dia akan mendapatkan kehinaan dimanapun dia berada (Ali Imran 3 : 112).

Perhatikan Surat Al Maidah 5 : 48 : Allah telah menciptakan bermacam-macam umat serta ATURAN DAN JALAN YANG TERANG, TATA CARA BERIBADAH kepada Tuhan yang sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing umat.

Surat Al Baqarah 2:62 & Al Maidah 5:69 : Bagi mereka yang beriman kepada Allah, kepada hari kiamat dan berbuat kebaikan, baik penganut Yahudi, Nasrani maupun Shabin, mereka juga akan mendapat pahala dari Tuhannya.  Allah tidak membeda-bedakan umat manusia, karena kita semua adalah ciptaanNya…
Perhatikan Surat Al Hijr 15 : 29 : Apabila telah Aku sempurnakan kejadiannya, Aku tiupkan Ruh-Ku kepadanya.  Berarti di dalam setiap umat manusia bahkan di semua ciptaanNya ada Ruh Tuhan, ada Essensi Dzat Illahiah di dalamnya…

Perhatikan juga Surat Fushshilat 41 : 53-54 dan Surat Adz Dzaariyaat 51 : 21 : Tanda-tanda Ku di segenap penjuru dan di dalam diri mereka, di dalam dirimu dan di dalam diri kita semua ada tanda-tanda Allah, ada ESSENSI DZAT Ilahiah.  

Apakah engkau tidak memperhatikan, di air hujan, di air comberan, di air laut, di dalam lumpur, bahkan di dalam debu sekalipun ada Aku, ada tanda-tanda Ku, ada rahasia-Ku.  Apakah engkau tidak memperhatikan, apakah engkau tidak mengetahui, apakah engkau tidak berfikir … Padahal kita telah diberi akal …

Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya ( YUNUS 10 : 100 )

Setiap Ruh yang masuk ke dalam tubuh manusia membawa amanah  ( Al Ahzab 33 : 72 ). Tidak disebutkan amanah itu apa.  Mungkin amanah itu adalah tugas Ruh hidup di dunia sebagai apa.  Apakah sebagai khalifah ataukah sebagai penjahat ataukah amanah itu adalah agama ???  Bila memang agama, tidak dikatakan agamanya apa.   A artinya tidak dan Gama artinya kacau, jadi agama artinya tidak kacau. Tidak kacau artinya damai.  Islam artinya damai.  

Agar tidak membuat kekacauan di muka bumi, maka semua Ruh yang dilahirkan ke dunia, apakah dia negro, bule, kuning, coklat, mata belo, mata sipit, tanpa kecuali, mereka semua adalah Umat Allah, semuanya sudah dibei amanah, sudah di bai’at dengan syahadat bersyahadat.  Hanya setelah berada di dunia manusia melalaikan amanat Allah karena ada NAFSU… oleh karena itu manusia disebut INSAN yang artinya LALAI…. Sehingga melupakan Allah… yang menciptakannya…

Perhatikan Surat Al Anbiya 21 : 92 : Sesungguhnya agama kamu itu satu saja, dan Aku adalah Tuhan-mu, oleh karena itu sembahlah Aku.

Apakah agama yang satu itu ???  Itulah agama yang mengajarkan tentang fitrah. Agama yang mengajarkan tentang kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih sayang, kesabaran, keikhlasan serta berserah diri kepada Allah melalui keimanan dan kettaqwaan…

Berserah diri adalah muslim… Itulah Islam.   Kita semua sudah muslim sejak di alam arwah.  Jadi kita tidak perlu ribut-ribut bertengkar mengenai masalah agama, karena semua agama mengajarkan tentang fitrah dan fitrah itu sudah terprogram di dalam hati nurani semua umat manusia. 

Kata Al Qur’an : Fitrah itu tidak pernah berubah ( Ar-Rum 30 : 30 ).   Perhatikan Surat Al Maidah 5 : 3 : Dan telah Aku ridhoi Islam ( fitrah, damai ) menjadi agamamu.  Oleh karena itu, semua umat manusia sama di mata Allah. Allah tidak melihat wajah dan harta kita.  Allah hanya melihat hati kita.  Keimanan dan ketakwaanlah yang membedakan kita di mata Allah apapun agamanya.

Dalam keadaan bathin yang meditatif ada perasaan tenang dan tentram, damai dan bahagia. Terjadi ekstase, karena di dalam otak kita terjadi proses pengeluaran hormon Endomorpin dan Melatonin  yang mempunyai efek ekstase.  

Tidak ada lagi rasa dendam yang membara di dalam dada, tidak ada lagi rasa benci di dalam hati. Karena apapun yang kita benci di dalamnya ada rahasia Allah, di dalamnya ada Essensi Dzat Ilahiah … di dalamnya ada tanda-tanda Allah,

Pada tahap ini kita masuk ke dalam dimensi lain di luar jangkauan nalar, di luar jangkauan ruang dan waktu.  Situasi dan kondisi seperti itulah yang disebut samadi, menurut Al Ghazali adalah tahap fana, dimana kita merasa lebur dan larut, selanjutnya adalah kasyaf, terbukanya tabir.

Dari apa yang di ajarkan Nabi Muhammad serta generasi penerusnya para sufi Al Hallaj, Jalaluddin Rumi dan Al Ghazali maupun bagi yang bukan umat Islam Khrisnamurti, Charan Singh dan Ching Hay, tampak adanya persamaan dalam rangka upaya untuk mencapai pencerahan atau makripat kepada Dzat, yaitu melalui dzikir-meditasi.  

Bagi umat Islam kesempurnaan keberagamaan bila telah mencapai iman, islam dan ikhsan. Iman dipelajari melalui ilmu ushuluddin, islam dipelajari melalui ilmu fikih dan ikhsan hanya bisa dicapai melalui tasawuf.

Jadi selain sholat lima waktu, bagi umat islam yang ingin mencapai kesempurnaan, untuk mencapai pencerahan, mau tidak mau kita harus melakukan latihan dzikir - meditasi untuk melihat Cahaya Ilahi serta mendengarkan Shabda Ilahi agar bisa mencapai fana dan kasyaf, agar bisa mencapai pencerahan dan makripat kepada Dzat, agar kita menjadi insan kamil, yaitu manusia yang paling mulia di sisi Allah.

Apakah dan bagaimanakah pencerahan itu ???
Menurut Al Ghazali adalah penyaksian (musyahadah) secara langsung. Pencerahan adalah kasyaf, terbukanya tabir, berhadap-hadapan antara Ruh yang berasal dari Cahaya Allah dengan Cahaya Allah.  Melalui cahaya ini orang-orang arif melakukan pendakian, mi’raj.  Cahaya Allah akan senantiasa menyejukkan bathin kita.  Cahaya itu akan membimbing serta memberikan petunjuk kepada kita untuk mendaki, naik ke tingkat demi tingkat berikutnya sampai kita mendapatkan harta yang luar biasa, mutiara yang tidak ada bandingnya di dalam bathin kita.

Perhatikan Firman Allah :
  1. Surat Al Balad ayat 10-12 :
Dan kami tunjukkan kepadanya dua jalan, akan tetapi dia tidak mau menempuh jalan yang mendaki. Tahukah kamu jalan yang mendaki itu.
  1. Surat Al Insiqaaq ayat 19 :
Sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat.
  1. Surat An Nuur ayat 35 :
Cahaya diatas Cahaya, Tuhan akan membimbing dengan Cahaya-Nya kepada yang Dia kehendaki.

Selanjutnya berpulang kepada diri kita masing-masing, apakah ingin naik tingkat atau tidak.  Apakah kita ingin menyempurnakan keberagamaan kita ???  Bila ingin, ya kita harus mengikuti jejak Rosulullah saw sewaktu di gua Hira atau mengikuti jejak para Sufi untuk mempelajari tasawuf.  
Di dunia ini, jarang sekali orang yang mau mempelajari tasawuf, tidak ada paksaan dalam ajaran Islam.  Seharusnya tasawuf di ajarkan sejak dini…agar perilaku para remaja terkendali…

Untuk mempelajari tasawuf apakah perlu dibai’at oleh seorang guru…???  Apakah Rosulullah pernah dibai’at oleh seorang guru…??? Apakah Rosulullah memiliki Guru Mursid…??? Tidak ada seorangpun manusia yang pernah menjadi guru Rosulullah.  Karena hati beliau bersih, bahkan dada beliau pernah dibelah kemudian hati beliau dicuci bersih oleh Malaikat Jibril, maka beliau bisa mendapat petunjuk langsung dari Allah.  Beliau tidak pernah dibai’at oleh siapapun.  Allah-lah Maha Guru Sejati Rosulullah yang telah membai’at Rosulullah. 

Allah telah membai’at kita semua ketika masih di alam arwah. Allah berfirman : Bukankah Aku Tuhan-mu.  Para Ruh menjawab : Benar kami bersaksi ( Al A’raf 7 :172 )…!!! 
Kata Rosulullah kita harus berpegang pada Al Qur’an dan Sunnah… 
Apakah kita masih belum percaya kepada Rosulullah, sehingga kita harus berpegang pada guru mursid???

Allah pun berfirman  :
Katakanlah : jika kamu mencintai Allah ikutilah aku ( Muhammad ), niscaya Allah mencintaimu dan juga mengampuni dosa-dosa kamu, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ( ALI IMRAN 3 : 31 )

Tidak wajar bagi seorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu berkata kepada manusia : Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku, bukan penyembah Allah … ( ALI IMRAN 3 : 79 )

Sabda Rosulullah saw :
Apabila khalifah tidak ada, maka menghindarlah, dan tidak ada kewajiban bai’at bagi kaum muslimin… tinggalkan semua golongan yang ada…
Mintalah fatwa pada hati-nuranimu sendiri setelah orang lain memberimu fatwa …

Berarti bukan membuat dewan imamah palsu seperti halnya Islam Jamaah atau berupa bai’at-bai’at tarekat-tasawuf pada masa kini, itu semua tanpa dasar baik dari Kitabullah maupun dari Sunnah Rosulullah…

Apakah kita masih ingin dibai’at oleh seorang guru yang disebut guru mursid…??? Apakah pegangan kita harus beralih kepada guru mursid …???  Pada umumnya setelah kita dibai’at oleh seorang guru yang menamakan dirinya guru mursid… kita harus selalu patuh kepadanya…

Akibatnya muncul iman taklid dan panatisme yang berlebihan kepada guru tersebut… Kemudian beranggapan bahwa seolah-olah hanya ajaran gurunya saja yang paling benar… Pola pikir menjadi terpasung… Tidak berkembang.  Kita lupa bahwa murid bisa berkembang jadi presiden…Apa yang diperintahkan guru segera dikerjakan tanpa dicerna lagi… Para murid yang dibai’at lupa bahwa guru mursid juga manusia biasa yang darahnya masih merah, masih mempunyai hawa nafsu…

Imam Al Ghazali tidak menghendaki kita taklid dan dogmatis… Karena beliau adalah orang yang sangat kritis.  Beliau dikenal sebagai Hujatul Islam melalui bukunya : IHYA ULUMUDDIN. Lalu apakah Al Ghazali membai’at murid-muridnya…??? Bagaimana bila kita tidak pernah berjumpa dengan guru mursid…??? 

Kini abad IPTEK.  Bukalah internet untuk menambah wawasan tentang tasawuf.   Kita tidak usah takut untuk berlatih dzikir – meditasi sendiri agar kita bisa mencapai tingkatan ikhsan…!!!  Ingat Guru Sejati ada di dalam diri…!!!!   Dia adalah Allah yang telah membai’at kita ketika masih di alam arwah dan Allah-lah yang akan membimbing perjalanan Ruh kita dengan Cahayanya menuju CahayaNya, bukan manusia (An Nuur 24 : 35)…!!!
Ingat : laa ilaaha illallaah adalah benteng Ku, barang siapa yang memasukinya, maka dia berada dalam perlindungan-Ku ( Hadits Qudsi )

Islam itu dinamis tidak taklid dan tidak dogmatis :
Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.  Bacalah dan Tuhanmulah Yang MahaPemurah, yang mengajarkan manusia melalui kalam. Dia mengajarkan manusia apa-apa yang tidak diketahuinya ( Al Allaq 96 : 1-5 )

Bertakwalah kalian kepada Allah dan Allah akan mengajari kalian
( Al Baqarah 2 : 282 )Allah Guru Sejati…
Allah akan membimbing dengan Cahaya-nya kepada Cahaya-Nya bagi yang dikehendaki-Nya ( An Nuur 24 : 35 )… Allah Guru Sejati…

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal ( Ali Imran 3 : 190 )

Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya  ( Yunus 10 : 100 )
Maka bertanyalah kepada orang-orang yang berpengetahuan jika kamu tidak
mengetahui  ( An Nahl 16 : 89 )

Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang berusaha melakukan perubahan ( Ar Rad 12 : 11 )

Ilmu Allah sangatlah luas, seperti samudera tanpa batas, tak mungkin kita bisa mempelajari semuanya. Kadang-kadang semakin banyak apa yang kita pelajari, ego kita menjadi semakin tinggi, sehingga kita menjadi semakin menjauh dari Tuhan… Oleh karena itu bukan seberapa banyak apa yang harus kita pelajari, namun seberapa dekat kita kepada Tuhan.

Selama ini ego kita yang ngoceh terus memohon kepada Tuhan, tanpa sedikitpun memberi kesempatan untuk mendengarkan Shabda Tuhan, apa kehendakNya untuk kita. Kita harus yakin bahwa Tuhan akan memberikan apa yang terbaik untuk kita di dunia ini.  Oleh karena itu alangkah dungunya kita, kalau kita hanya merengek-rengek terus minta duniawi tanpa mau mendengarkan Shabda Tuhan.   

Shabda Tuhan adalah hening …. dalam hening … Dia datang … menampakkan CahayaNya, serta dengan lembut Dia menyapa hambanya.  Dalam hening dengarkan Shabdanya melalui telinga bathin … Justru inilah harta yang amat sangat berharga bagi kita, bukan harta duniawi, namun perjumpaan denganNYA.

Kata Rosulullah, pembersih hati adalah Dzikir dan jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir. Bila hati bersih pintu hati akan terbuka lebar, jalan menuju Allah bebas hambatan.  Oleh karena itu mulai sekarang kita harus belajar berdzikir secara bertahap.  Sebaiknya dilakukan setelah selesai sholat apa saja agar suasana sakral, suasana religiusnya terbina tahap demi tahap.

Putarkan kaset musik lembut sebagai pembatas waktu serta wangi-wangian atau dupa wangi untuk membantu menentramkan suasana hati kita yang sedang kalut.
Duduklah dengan santai di atas kursi atau duduk bersila di atas lantai dengan alas yang empuk.  Duduk setegak mungkin tapi harus santai, jangan dipaksakan.  Usahakan agar posisi kepala, tulang punggung sampai tulang ekor berada dalam satu garis lurus.  Kedua telapak tangan berada di atas paha.
Santai,senyum dan pasrah sebagai langkah awal dari relaksasi.

Agar perhatian kita tidak bercabang-cabang, maka mata harus dipejamkan.  Niatkan dalam hati untuk memusatkan perhatian ke satu titik di kening di antara kedua alis mata atau membayangkan lafad Allah, atau bayangkan wajah ibu kita, atau bayangkan wajah kita sendiri, hanya niat saja, tanpa harus memaksakan diri.  Semakin dipaksa kerja otak akan semakin giat.  Biarkan seperti air mengalir.  Biarkan apa adanya.  Setiap pikiran yang berkelebat jangan dianalisa, namun harus kita sadari agar kita segera kembali ke titik semula. Lambat laun pun  akan terjadi relaksasi secara alami.  Santai, senyum dan pasrahkan semuanya kepada Allah …

Ujung lidah dilipat ke atas menyentuh langit-langit yang artinya dengan ujung lidah kita mengukir asma Allah pada langit-langit.  Bila suatu saat nanti kita sudah tidak sanggup lagi untuk mengucapkan Asma Allah, maka cukup dengan menempelkan ujung lidah pada ukiran tersebut, berarti kita eling, ingat kepada Allah, maka kita mati dalam keadaan muslim…mati dalam keadaan berserah diri. 


Cara berdzikir yang diajarkan Rosulullah saw kepada Sayidina Ali : Wahai Ali, pejamkan matamu dan rapatkan bibirmu, lipat lidahmu ke langit-langit mulut dan berdzikirlah Allah.. Allah.. Allah..  ( HR. THABRANI/BAIHAQI )

Bacalah buku RAIHLAH HAKIKAT, JANGAN ABAIKAN SYARIAT terjemahan Wahyuddin dari Syeikh Abdul Qadir Jaelani : Adab as-Suluk wa at-Tawashshul ila Manazil al Muluk., di halaman terakhir…!!!  Diceriterakan bahwa pada saat menjelang maut, ujung lidah Syeikh Abdul Qadir Jaelani dilipat ke atas menyentuh langit-langit mengucapkan Allah… Allah … kemudian beliau wafat… sebagai muslim…

LAFAD ALLAH..


Ujung lidah tersebut akan memberikan rangsangan ke langit-langit diteruskan ke otak, ke kelenjar hypofisis, hypothalamus, thalamus dan kelenjar pineal. Hypofisis akan mengeluarkan hormon pertumbuhan untuk regenerasi sel-sel  tubuh kita, daya kekebalan tubuh kita meningkat, dan sel anti kanker meningkat, sehingga tubuh kita menjadi sehat. Selain itu otak pun akan mengeluarkan hormon Endomorpin dan Melatonin yang akan mencapai kadar optimalnya pada saat puncak dzikir-meditasi, sehingga terjadi ekstase, otot-ototnya rileks, hatinya tenang dan tentram…  
Bila otaknya direkam maka akan muncul gelombang Alpa kemudian pada puncak meditasi muncul gelombang Theta, dengan frekwensi 4 – 7 Hz.  

Karena pengaruh Endomorpin pembuluh darah melebar, sirkulasi darah ke otak lancar, nutrisi dan oksigenisasi ke otak meningkat, sehingga sel otak yang aktif pun meningkat. Secara alami kita menjadi manusia yang cerdas lahir dan bathin. Kecerdasan Emosional dan kecerdasan Spiritualnya meningkat… Ini luar biasa. 

Pada saat menahan nafas, penyerapan oksigen menjadi optimal, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh meningkat, terjadilah reaksi kimia berantai di dalam tubuh sehingga aktifitas elektron meningkat yang akan menimbulkan gelombang elektromagnetik disekeliling tubuh kita.  Bila saat meditasi gelombang elektromagnet ini direkam dengan alat photo Kirlian yang sudah dimodifikasi maka akan terekam cahaya aura, diawali cahaya merah, kuning, hijau, biru, ungu dan pada saat puncak meditasi akan muncul cahaya putih di sekeliling tubuh kita…

Kata Jalaluddin Rumi, apapun agamanya hasil akhir dari keimanan sama…

BERSAMBUNG.... KE JILID SELANJUTNYA... JILID 2-3


33 komentar:

  1. Terima kasih sekali atas tulisannya Pak. Sangat mencerahkan. Dari apa yang saya pelajari, dzikir hening (dalam nafas, semedi) adalah salah satu cara untuk berkomunkasi dengan Tuhan yang ada dalam diri setiap mahluk apapun jalan yang ditempuh dalam menemukanNYA.

    Beberapa wali tasawuf di tanah air seperti Syeh Siti Jenar, Sunan Kalijaga, atau Sunan Lawu misalnya juga mengajarkan dzikir nafas ini (nafi isbat / solat batin) yang terus menerus dilakukan selama manusia masih bernafas sampai menghembuskan nafas terkahirnya untuk menuju tahapan selanjutnya yaitu sholat daim dan sholat daimul haq (jasad dan batin melebur menghadap Allah)

    Mohon koreksinya jika keliru

    Salam Rahayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. iya betul, memang demikian...malah ada ajaran atau doa khusus untuk melihat jati diri dan untuk bisa bertemu dengan sedulur papat ke lima pancer. tapi, dalam bahasa jawa campur sunda...itu lah yang di sebut khowarikul adat...dan saya tidak berani menuliskannya karena khawatir itu menjadi fitnah...walaupun doa untuk melihat jatidiri namun tuhan maha adil maha mengabulkan semua doa. Bukan suatu yang mustahil bila tuhan menghendaki dengan melatih dzikir metode 11-21-10 (tuntunan praktis dzikir-meditasi) maka akan ketemu jati diri (Out off body experience)

      Hapus
    3. Untuk melihat jati diri : boleh pilih no 1 atau no 2
      dibaca dalam hati 41 kali , 111 kali selama 41 malam
      1. Bismillahirohmanirohim
      Del rasa as nyawa putih. Sira metu saking jasad.
      Ingsun arep weruh lonjoring pangeran.
      Engko iki den enggalaken sarta parek, ingsun tumindak gumantung tanpa telapakan, gumancang tanpa wewayangan..
      Ya Ingsun Sejatining Hurip… Ya Allah.. Ya Muhammad…
      Dilanjutkan dengan dzikir : Allah.. Allah.. Allah selama 30 menit
      2. Bismillaah…
      Kun Dzat Kun… Aja sira ngaling-ngalingi sukma ingkang tapa ono sajeroning wayangan ingsun.
      Sira sumingkira, ingsun arep weruh sejatining urip.
      Dilanjutkan dengan dzikir Allah… Allah.. Allah selama 30 menit
      Puasa 3 hari bukanya pisang raja dan air putih…

      Untuk bertemu sadulur papat :
      Dibaca dalam hati 41 kali, 111 kali selama 41 malam
      Bismillaah …
      Sukma langgeng luwita, sukma adi luwita, sukma ngumbara, sukma wisesa…
      Malaikat Jabrail, malaikat Minkail, malaikat Isrofil, malaikat Izroil
      Malaikat Badaniah, malaikat Rohaniah, malaikat dinding Jalalullah..
      Sarinik acining banyu …
      Dilanjutkan dengan dzikir Allah..Allah..Allah selama 30 menit

      Hapus
  2. saya senang ikut membaca artikel bapak apa lagi bapak sangat kritis tentang ilmu tasawuf hanya saja saya kurang faham tentang meditasi di dalam tasawuf .. apakah meditasi sama juga dengan muroqobah di dalam tasawuf ? mohon pencerahan dari bapak. tks#salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.slideshare.net/drmaman/jalan-sufi-16176449

      Hapus
  3. Pak, supaya kita dapat berjumpa dan berkomunikasi dengan ruh seseorang, apakah yang harus dibaca? Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. DO’A UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN RUH SESEORANG…
      ( Oom Sun Bandung )
      Baca : Bihaqi man kola ya syaehu dst..
      Suma ila hadoroti malaikat Ridwan, Al Fatihah..1x
      Ya Allah hamba mohon izin dan keridoan-MU melalui Malaikat Ridwan, hamba ingin bertemu dengan Ruhnya … ( sebutkan namanya.. bin… )
      Al Fatihah…
      Hening… sampai terasa kehadiran Ruh…

      Bismillah…
      Bihaki man kola ya syaehu syekh Abdul Qodir Zaelani, Syekh Ahmad Kabiru Rifa’i. wa ya kolu roikuka syafin minal amrodi wa sumi ghoerihi ma kariki, Allohu hadirin, Allohu nadirin, Allohu syahidin, innalloha ala kuli syaein muhit …. diwirid minimal 111 kali selama 7 malam berturut-turut…

      Hapus
    2. Sebetulnya dengan kita sering berlatih Dzikir dengan sendirinya akan mampu berkomunikasi dengan roh...

      Hapus
    3. kemudian bila hati kita bersih ilmu laduni akan datang dengan sendirinya...lewat mimpi...Apakah guru kita atau leluhur kita memberikan wejangan lewat mimpi.

      Hapus
  4. Kalau boleh sy juga mohon dibabarkan bacaan agar dikarunia laduni... Terima kasih banyak pak atas kesediaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila hati kita bersih Allah swt akan memberi petunjuk kepada hatinya (kata Al Qur'an)

      Jadi ilmu laduni dengan sendirinya di dapatkan , contohnya Rosullullah karena hatinya bersih maka beliau mendapatkan pelajaran langsung dari Allah Swt

      Hapus
  5. Pak, sy mohon diajarkan juga bacaan ataupun metode kekuatan pikiran untuk mempengaruhi pikiran seseorang dalam konteks yang positif...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila inner power kita sudah kuat dengan sendirinya akan mudah mempengaruhi fikiran orang lain tapi, tidak boleh di salah gunakan...bisa membaca pikiran orang lain sebelum dia bicara...
      Berlatihlah berdzikir untuk menghimpun kekuatan dengan metode yang sederhana...metode 11-21-10

      Hapus
  6. Maaf mau tanya,bagaimana langkah-langkah agar hati kita bersih?
    Kok saya merasa susah sekali mendapatkan hati yang bersih,

    Terimaksih

    BalasHapus
  7. Kata Rosulullah SAW. Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih kolbu adalah dzikir. Dan dzikir adalah jalan terdekat menuju kpd Allah. Banyak metode dzikir... cari metode yang sederhana dan mampu laksana... Allah Maha Adil dan Maha Mengetahui... seperti halnya kita belajar menulis, bila tdk memiliki laptop ya pakai areng... yang penting bisa menulis... berlatih dzikir tidak bisa sehari dua hari.... harus sering ... terserah kita... umumnya tahap pertama 7 malam berturut-turut... kemudian bila ada waktu luang berlatih 41 malam berturut-turut... itu sebagai fondasi... selanjutnya cukup 1x setiap malam hari lahir atau setiap malam jumat.. kata para sesepuh...dengan berdzikirhati akan menjadi tenang dan tentram... karena dgn berdzikir-bermeditasi otak kita akan mengeluarkan endomorpin... kkta ekstase dan senang.. dada kita terasa lapng... perilaku jadi terkendali... namun harus diingat selama darah kita masih merah... omong kosong bila tdk memiliki hawa nafsu... yang cenderung negatif... insya Allah bila kita sering berdzikir lambat laun hati kita akan yrkendali... maaf baru dibalas sekarang...

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum. Pak bolehkah saya mengamalkan dzikir yang bapak share tentang melihat jati diri dan dulur papat lima pancer ? Dan saya juga mau bertanya kenapa ya pada waktu saya berdzikir saya kok mendengar detak jantung saya dengan kencang dan lengan sebelah kiri saya berdenyut2 kayak mau meledak gitu? Matur nuwon. Wassalam

    BalasHapus
  9. waktu berdzikir.. kata para sesepuh itu menutup 9 pintu hawa nafsu... mata dan telinga ditutup... namun justru mata dan telinga bathin akan terbuka.. wajar bila diawali dengan mendengar suara detak jantung kita sendiri... lengan berdenyut.. karena inner power mulai bangkit... selanjutnya muncul gerakan... yang tdk beraturan dari anggota gerak kita... selanjutnya seperti ada yang mendorong kepala...ikuti saja... sampai kening menyentuh lantai... itulah yg disebut sujud iman

    BalasHapus
    Balasan
    1. leres pak.. tersirat dalam hari kemerdekaan.. 17 - 8 - 1945 ; simbol kemerdekaan jiwa manusia.. salam Rahayu

      Hapus
  10. Asalamualaikum admin saya mau tanya, kenapa waktu saya mulai bermeditasi badab serasa agak tebel lalu enteng tapi berat di kepala terus ada rasa merinding dari belakang saya, tapi saya takut lalu saya hentikan meditasinya tolong dijelaskan apa meditasi saya yang salah ato bagaimana

    BalasHapus
  11. wa alaikum salam ww... alhamdulillah sudah bisa merasakan reaksi dari dzikir-meditasi... dulu awalnya sy juga merasa takut.. tangan bergtar bergerak sendiri.. akhirnya sadar bhwa hidup ada yang menggerakkan..sy pasrah : Ya Allah.. Ya Gusti.. seandainya Engkau akan mencabut nyawaku.. cabutlah sekarang pada saat sy sedang menyebut namaMU... getaran tambhah kuat kepala ada yg mendorong sampai menyentuh lantai..KATA QUR'AN menyungkur dan menangis.. itulah yg dikatakan SUJUD IMAN oleh para sesepuh...

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum wr. Wb

    Blog yg sangat menarik sekali, ada yg ingin saya tanyakan yaitu, apakah boleh menggunakan alat bantu dengan applikasi pada hp yg mengeluarkan suara gelombang theta ketika ingin bermeditasi setelah melakukan ibadah?

    Atau lebih baik tanpa alat bantu?

    Wassalam

    BalasHapus
  14. wa alaikum slm ww. maaf baru dibuka skrng.. lebih baik tanpa alat bantu.. agar kita bisa mandiri disetiap dituasi

    BalasHapus
  15. wa alaikum slm ww. maaf baru dibuka skrng.. lebih baik tanpa alat bantu.. agar kita bisa mandiri disetiap dituasi

    BalasHapus
  16. aslmkum alhamdullah,, dpt pencerahan,warna cahaya awal kuning next ke hijau, next ke hitam pekat lalu muncul sinal kilau... namun saya lupa terhadap dir saya, akhir nya saya takut dengn itu...setelah saya zoom itu, ternyata hampa cuman ada hamparan bunga nikmat,indah,damai tentram apakah itu yg di maksud, mohon penyelesaian nya... trims walaikum salam wr. wb

    BalasHapus
  17. awal menghentakan ismu dzat nama allah dengan sekuat tenaga lama kelamaan hilang berubah warna yg di sebutkan di atas...

    BalasHapus
  18. Maaf saya mau tanyak saya sudah empat tahun meditasi tanpa ad yang membimbing tp saya penyak dadar keyakinan kuat akan tuhan.
    Selama saya meditadi saya pernah merasakan masuk pada cahaya putih dan berbelok belok tp saya takut trus mata saya saya buka kalau bole tau itu apa..
    Saya kalau ikut dzikir bapak yg allah itu jantung saya kyk mau copot berdetak cepat sekali pembuludara kyk mau pecah trus tidak saya trusin

    BalasHapus
  19. Maaf tulisanx amburadur moga aj paham yang saya maksut,mohon saranya ya pak

    BalasHapus
  20. Asllamualaikum pak...izin cooy artikel untuk di baca dan di dalami...barakallah

    BalasHapus
  21. bisakah kita mengamalkan zikir tanpa guru mursid seperti yang di katakan para anggota tarekat

    BalasHapus
  22. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  23. Maaf pak,metode 11-21-10 penjelasannya dibagian artikel mn pak?

    BalasHapus