Translate

tema 1

tema 1
tema

Jumat, 14 Juni 2013

SERULING KEARIFAN


SERULING KEARIFAN

20-Oktober-2013

Dr H Maman SW SpOG
http: //www.slideshare.net/drmaman


Sabda Rosulullah :
  1. Hidup di dunia bagaikan musafir yang hanya sekedar singgah
  2. Jadilah tamu Allah yang baik
  3. Hiduplah dengan kehidupan yang penuh manfaat

Sabda Rosulullah singkat, padat dan sempurna, karena penuh makna. Sebagai tamu harus punya tata-krama, sopan santun kepada Allah.  Manusia mengemban tugas di muka bumi sebagai khalifah dan sebagai wali Allah.  Hidup harus bermanfaat bagi sesama umat.. Jangan menyusahkan orang lain. Namun karena nafsu, serakah, justru merugikan orang lain.
Konon kabarnya wahyu turun kepada Rosulullah diawali dengan suara-suara gemuruh yang menakutkan, suara dengung lebah, suara lonceng dan terakhir suara seruling.  Itulah suara seruling kearifan… Itulah seruling kebijaksanaan… Itulah seruling kebenaran… Musik surgawi yang sangat indah.   Kemudian Rosulullah meniupkannya keseluruh penjuru dunia.  Siapapun yang bisa mendengarnya, niscaya dia akan menjadi umat yang berbahagia, tenang, tentram, damai, tidak merasa duka cita dan ketakutan … ikhlas-ridho…Bebas merdeka…Tidak terpasung sampah-sampah kehidupan… Tidak terpaku oleh nafsu duniawi .
Kenapa demikian …???  Karena  …mereka telah melihat Cahaya Kebenaran …Kita tidak tahu Cahaya itu dari mana datangnya dan kemana perginya … Namun Cahaya itu ada dimana-mana, di dalam kuil, di pagoda tua, di vihara, di dalam gereja maupun di dalam mesjid.   Cahaya itu merupakan Essensi Yang Hakiki atau Hakikat Keberadaan …. Cahaya itu adalah Eksistensi Yang Hakiki …Setiap umat yang telah melihat Cahaya Kebenaran berada dimana-mana, kesadaran Ruhnya bangkit.  Maka kearifan dan kebijaksanaannya pun semakin luas terbuka … serta semakin sadar …Semakin mengerti Sistem  Universal dan Rahasia dari seluruh penciptaan. Menyadari : Innallaha ala kuli syaein muhit … Sesungguhnya Allah meliputi segalanya.  Menyadari bahwa kita berada di dalam-NYA.  Menyadari kita berada dalam Tuhan.  Timur dan Barat milik Allah … kemanapun kita menghadap disanalah Wajah Allah.  Akhirnya menyadari bagaimana rasanya bisa menyatu dengan Sang Pencipta .. Dan bersaksi bahwa semua ciptaan adalah satu … sesungguhnya agama kamu satu … Tuhan kamu dan Tuhan aku adalah Tuhan Yang Satu … Tiada Tuhan selain Yang Disembah – bahasa Arabnya AL ILLAH, muncul kata ALLAH …  Menyadari bahwa nama Tuhan yang sebenarnya tidak bisa diucapkan dan tidak bisa dituliskan.. Allah artinya Yang Disembah, bukan nama …Kita bebas menyebut dan memanggil Tuhan dengan nama apa saja yang baik-baik …Yang disembah bukan NamaNya tapi DzatNya.   Akhirnya menyadari bahwa apapun nama agamanya, mengajarkan hal yang sama …Semua agama mengajarkan tentang Fitrah, yang sudah terprogram di dalam hati nurani setiap umat manusia.  Kata Qur’an, Fitrah itu tidak pernah berubah …
Fitrah itu keimanan, ketakwaan, kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih-sayang, kesabaran, keikhlasan serta berserah diri kepada Allah Sang Pencipta … Kata Rosulullah, itulah yang disebut Islam… Tata cara untuk mencapai puncak spiritual pun sama yaitu dzikir atau meditasi.  Apapun nama agamanya, hasil akhir dari keimanan adalah sama…!!!  Baik secara fisik maupun secara metafisik …Secara fisik melalui pemeriksaan laboratorium darah, rekaman EEG, rekaman aura, sehat dan cerdas, IQ dan ESQ-nya meningkat, dimudahkan segala urusannya, kehidupannya yang sukses… Secara metafisik jiwanya tenang, perilakunya terkendali, mencapai fana dan kasyaf, bahkan mencapai mi’raj … Out Of Body Experience … Pelajaran lainnya hanya rincian peristiwa sejarah atau hal-hal yang terjadi saat itu.  Tentang perang, kefasikan-kemunafikan, hukum waris, hukum nikah, perjanjian dagang, dsb yang berhubungan dengan masalah kehidupan duniawi. Urusan dunia engkau lebih tahu, tata cara beribadah ikutilah caraku,  kata Rosulullah.   Kenapa kita tidak mengikuti tata cara beliau sewaktu di guha Hiro ???  Waktu itu belum ada Al Qur’an dan tata cara sholat seperti sekarang.
Dzikir Kata Al Qur’an :
  • Dzikir lebih utama
  • Berdzikir sebanyak-banyaknya agar sukses
  • Agar diberi kedudukan yang kokoh
  • Dikeluarkan dari kegelapan
  • Diberi kecukupan dan …
  • Rizki yang tidak di duga
  • Dimudahkan segala urusan
  • Dihapus semua kesalahan
  • Diberi pahala yang berlimpah

Dzikir menurut Rosulullah :
  • Sebagai pembersih qolbu
  • Jalan terdekat kepada Allah
  • Mati sebelum mati agar kesadaran ruhnya bangkit
Pertanyaannya adalah :
  • Kenapa dzikir tidak dibakukan sejak dini…???

Kesadaran Ruh adalah kesadaran sejati… Hanya Ruh yang bisa berkomunikasi dengan Allah, karena Ruh berasal dari Dzat  Allah … Setelah Aku sempurnakan kejadiannya, Aku hembuskan Ruh-Ku kepadanya” (Al-Hijr 15:29).  Mengenal Dzat harus melalui DzatNya…
Karena Ruh berasal dari Dzat Allah, maka Ruh tetap suci tidak terkena polusi …Hanya Ruh Suci yang bisa berkomunikasi dengan Allah Yang Maha Suci.  Oleh karena itu menurut para sufi, dzikir-meditasi hukumnya wajib, sebagai penjabaran, pelaksanaan, penghayatan Rukun Islam yang pertama.  Menurut Al Qur’an, hanya ada satu agama, yaitu Islam-fitrah yang sudah terprogram di dalam hati nurani setiap manusia … Fitrah itu tidak pernah berubah … Bila kita menyadari bahwa di dunia ini hanya ada satu agama … maka kitapun sadar bahwa di dunia ini hanya ada satu masjid tempat bersujud kepada Allah yaitu : masjid pencerahan…!!!  Tidak dibuat dari batu bata.   Masjid yang dibuat atas dasar keimanan, ketakwaan, kesucian, kedamaian, keselamatan, kasih sayang, kesabaran dan keikhlasan serta berserah diri kepada Allah sejak hari pertama kita dilahirkan, … Itulah baitullah yang sejati, buatan Allah sendiri, bukan buatan manusia…  bukan Masjidil Haram…
Firman Allah :
·         Dan ada yang mendirikan mesjid untuk menimbulkan bencana, untuk kekafiran dan untuk memecah belah…, untuk menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan RosulNya sejak dahulu.  Mereka dengan pasti bersumpah : Kami hanya menghendaki kebaikan.  Dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta ( At – Taubah 9 : 107 )
·         Janganlah engkau melaksanakan sholat dalam mesjid itu selama-lamanya.  Sungguh masjid yang didirikan atas dasar takwa sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan sholat di dalamnya …( At Taubah 9 : 108 )

Berarti peringatan ini muncul setelah terjadi peperangan antara kaum musrikin jahiliyah dengan  Rosulullah pemimpin kaum muslimin… Ayat ini tidak menyebut kaum Nasrani… Apakah perang badar…???  Apakah  Allah  melarang sholat di  Masjidil Haram…???
Saya tidak  bisa menjawabnya…!!! Silahkan cari sendiri jawabannya…!!!
Firman Allah :
  • Katakanlah : Bagaimana pendapatmu jika itu datang dari sisi Allah, kemudian kamu mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh ( Fushshilat 41 : 52 )
  • Maka siapakah yang lebih jahat dari orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah dan berpaling dari pada-nya ??? Akan Kami beri ganjaran mereka yang berpaling dari ayat-ayat Kami dengan seburuk-buruknya siksaan ( Al An’am 6 : 157 )
  • Dan kamu pasti akan mengetahui ( kebenaran ) keterangan ( Al Qur’an ) setelah beberapa waktu lagi ( Shad 38 : 88 )

Hadits Qudsi
  • Aku tidak berada di bumi, Aku tidak berada di langit, tapi… Aku berada di dalam hati orang-orang yang beriman…
  • Di dalam setiap rongga anak Adam, Aku ciptakan suatu mahligai yang disebut dada, dalam dada ada qolbu, dalam qobu ada fuad, dalam fuad ada syagofa, dalam syagofa ada sir …di dalam sir ada Aku …

Kata para sufi : Kolbu mukmin baitullah … Itulah Rumah-Nya … Itulah Masjid-Nya, yang harus dijaga dan dibersihkan …Pembersihnya adalah dzikir-meditasi …Di dalamnya Ruh bersujud … menyebut Nama-Nya, bertasbih pagi dan petang … sejak hari pertama dilahirkan … Sejak dalam kandungan ibu… bahkan sejak di alam arwah. Karena sebelum dilahirkan  Ruh sudah bersyahadat ketika Allah berfirman : Bukankah Aku Tuhan-mu.???  Para Ruh menjawab : Benar kami bersaksi ( Al-A’raf 7: 172 )
Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana awwalul muslimin. Tiada sekutu bagiNYA dan itulah yang diperintahkan kepadaku  dan … aku sejak awal sudah berserah diri…
( Al An’am 6 : 163 ).
Kolbu mukmin bersih, di dalamnya tidak ada ruang kebencian…Apapun yang kita benci di dalamnya ada rahasia Allah…Siapapun yang mengikuti hawa nafsunya, maka dia jauh dari Tuhan, sekalipun dia beragama Islam.  Siapapun yang mencampakkan hawa nafsunya, maka dia dekat dengan Tuhan sekalipun dia beragama nasrani, kata Hujwiri sufi dari Persia.
Kata Qur’an, iblis adalah musuh yang nyata.  Kata jago samurai Musasi, musuh adalah guru yang sedang menyamar, pelajari jurus-jurusnya… Jurus iblis adalah hawa nafsu…Bila kita menghadapi apapun dengan hawa nafsu maka kita sudah terperangkap jurus iblis.  Nafsu adalah dosa sirik tersembunyi… Hindari iblis dengan kebersihan hati… bukan dengan hawa nafsu…!!!  Dalam ke-esaanNYA  Allah memiliki dua sifat yang saling bertentangan yaitu :
Sifat Jamal ( Terang, malaikat, barokah ) dan Sifat Jalal ( Gelap, iblis, musibah ). Beriman kepada Allah jangan setengah-setengah.  Antara Sifat Jamal dan Sifat Jalal,  antara malaikat dan iblis,  antara barokah dan musibah harus kita imani secara seimbang …. Sifat Jalal Allah harus kita imani sebagaimana kita mengimani sifat Jamal.  Apapun  yang kita benci di dalamnya ada rahasia Allah. Oleh karena itu iblis bukan harus dibenci dengan hawa nafsu tapi harus dihindari melalui kebersihan hati…
Kita bisa menilai sendiri Bro…bila ada penceramah dengan berapi-api menghujat umat lain, menganggapnya kafir, bahkan menghalalkan darahnya, dia tidak memahami bahwa semua agama mengajarkan tentang fitrah, mengajarkan tentang Islam,…  Demikian juga bila ada LSM, Organisasi Masa apapun yang merasa diri paling suci, merasa diri paling islami, merasa diri paling benar… merasa diri paling beriman…merasa wuuaahhh heeiibat… karena polisipun tak berkutik saat menghadapi mereka… Menurut lo gimana Bro…??? Memang sulit untuk merubah pola pikir yang sudah terprogram sejak kecil, tidak ada kemauan untuk memperluas wawasan. Pola pikirnya sudah terpasung oleh egonya yang kelewat gede. Lebih baik kita istigfar agar tidak terjebak jurus iblis seperti mereka… Hindari hawa nafsu, hindari kekerasan...
Sesungguhnya Islam itu lembut dan dinamis, memaafkan itu jauh lebih baik Bro.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal soleh, kelak Allah akan menanamkan dalam ( hati ) mereka rasa kasih sayang  ( Maryam 19 : 96 ).

Siapapun orangnya, bila belum beramal soleh dan belum memiliki rasa kasih sayang, maka dia belum layak dinyatakan beriman.  Siapapun yang mampu mendengar suara Seruling Kearifan, Musik Surgawi yang ditiupkan Rosulullah niscaya dia akan : Mengenal jati dirinya, mengenal Tuhannya, mengenal Guru Sejatinya, memahami Kitab-Nya, Kitab Mulia, Kitab Sejati tanpa tulis, tidak akan salah cetak. Dengan demikian tidak akan ada lagi kerusuhan, saling bunuh karena perbedaan agama atau karena keyakinan yang berbeda…

Sabda Rosulullah :
·         Barang siapa mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhannya. Barang siapa mengenal Tuhannya maka dia merasa dirinya bodoh. Barang siapa mencari Tuhan keluar dari dirinya sendiri maka dia akan tersesat semakin jauh…
Pertanyaannya adalah :
  • Kenapa sabda Rosulullah tersebut diatas tidak pernah muncul kepermukaan ???
  • Adakah keberanian para ulama, para ustad untuk mengupas hal tersebut ???
§  Ataukah memang harus disembunyikan agar umat Islam tetap blo-on .
§  Bila itu bukan Hadits Rosulullah, kenapa dipopulerkan oleh Al Ghazali …???

Sabda Rosulullah : Bacalah kitab yang kekal yang berada di dalam dirimu …!!!
Kitab yang bagaimana… ???  Itulah Kitab Yang Kekal…Itulah Kitab Mulia…Itulah Kitab Sejati di dalam diri, tidak akan salah cetak.   Hukum-hukum Allah sudah terprogram dalam hati nurani masing-masing, namun tertutup nafsu, sehingga harus di instal ulang melalui wahyu para nabi yang mencapai puncaknya pada zaman Rosulullah Muhammad saw.

Perhatikan Firman Allah :
  • Ayat-ayat kami di segenap penjuru dan di dalam diri mereka ( Fushshilat 41 : 54 )
  • Di dalam dirimu apakah engkau tidak memperhatikan ( Az-Zariyat 51 : 21 )
  • Dia ( Allah ) memberi petunjuk ke dalam hatinya ( At-Tagabun 64 : 11 )  
  • Dialah Jibril yang menurunkan Al Qur’an kedalam hatimu …( Al Baqarah 2 : 97 )  
  • Al qur’an adalah ayat-ayat yang nyata di dalam hati orang-orang yang diberi ilmu
( al Ankabut 29 : 49 )
  • Al Qur’an Yang Mulia berada dalam tempat yang terpelihara, tidak tersentuh kecuali oleh mereka yang tersucikan ( Al Waqi’ah 56 : 77-78 )

Sudah saatnya kita harus mulai mencari dan mengenal Allah… melakukan perjalanan dari alam lahiriyah ke alam bathiniyah… Perjalanan yang transendental, tidak masuk akal…
Allah adalah Al Bathin… Rumahnya…MasjidNya… KitabNya di dalam Bathin…
Langkah pertama pelajari Adz-Dzikir
  • Adz-Dzikir adalah Al Qur’an
  • Al Qur’an adalah An Nuur dan An Nur adalah Allah …
  • Bila makrifat kepada Dzat ingin kau dapat, lepas aksara galilah makna …
  • Jangan terpaku pada bentuk.  Bila kau bijak ambilah mutiara dari cangkangnya…
  • Tutup semua Kitab … buka mata hati ..

Langkah berikutnya :
  • Katupkan bibirmu … tutup matamu … sumbat telingamu…  buka mata hatimu … Allah akan menampakkan Cahaya-Nya …
  • An Nuur adalah Allah …
  • Allah Sumber Firman …Allah Kitab Mulia..
  • Allah Kitab Sejati tanpa Tulis
  • Allah kitab sejati di dalam diri
  • Allah Guru Sejati di dalam diri …
Kata Rumi :
Terungkaplah …pengetahuan yang tidak kita peroleh  di bangku sekolah… Melihat Cahaya – NYA.  Suatu pengalaman spiritual …yang aktual dan autentik …
Mari kita coba …!!! 
Kita mencoba mencari dan mengenal Allah dengan hati yang bersih, tanpa hawa nafsu.  Pembersih hati adalah dzikir… Jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir.  Kita melakukan perjalanan dari alam lahiriyah ke alam bathiniah  … bukan perjalanan ke Mekah … bukan pula perjalanan ke Masjidil Harom…Kita tidak hanya sekedar sholat lima waktu… tapi melakukan dzikir  tahap demi tahap … untuk mencapai Iman … islam … ikhsan … agar sempurna keberagamaan kita dan menjadi Haji Mabrur … bukan Haji Mabur…


Sebagai akhirul kalam tak lupa saya sampaikan rasa terima kasih saya kepada teman-teman dari grup meditasi Suma Ching Hai di Cirebon, atas saran dan masukkannya, pada saat kita berkumpul untuk meditasi bersama, sehingga saya bisa menulis makalah ini…

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.net
    arena-domino.org
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus